SELLA PRAMESTA, 1523053032 (2017) PENGEMBANGAN LKS BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS BAGI SISWA KELAS IV SD N 1 NUNGGALREJO. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (87Kb) | Preview |
|
File PDF
TESIS FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (3957Kb) |
||
|
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2459Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar LKS, mengetahui kemenarikan LKS, dan mengetahui efektivitas LKS berbasis contextual teaching and learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang merujuk pada teori Borg & Gall. Populasi penelitian adalah 123 siswa kelas IV SD di Kecamatan Punggur dan sampel 43 siswa yang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan angket untuk kemenarikan, serta soal tes untuk uji efektivitas dengan n-gain dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan dapat digunakan dalam pembelajaran, LKS menarik bagi siswa dilihat dari respon siswa yang positif, dan LKS efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kata Kunci: lembar kerja siswa (LKS), contextual teaching and learning (CTL), kemampuan berpikir kriti WORKSHEET DEVELOPMENT BASED CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TO INCREASE CRITICAL THINKING ABILITY FOR CLASS IV SD N 1 NUNGGALREJO This research aims to develop worksheets teaching materials, to know the attractiveness of worksheets, and to know the effectiveness of worksheets based on contextual teaching and learning to improve critical thinking skills. This type of research is research and development (R & D) which refers to Borg & Gall's theory. The study population was 123 fourth graders of elementary school in Punggur subdistrict and sample of 43 students obtained by purposive sampling technique. Data were collected using questionnaires for attractiveness, and test questions for effectiveness tests with n-gain and t test. The results of this study indicate that worksheets developed can be used in learning, worksheets interesting for students seen from positive student response, and worksheets effectively improve students' critical thinking ability. Keywords: worksheet, contextual teaching and learning (CTL), critical thinking ability
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD |
Pengguna Deposit: | 72444984 . Digilib |
Date Deposited: | 08 Jun 2017 04:21 |
Terakhir diubah: | 08 Jun 2017 04:21 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26788 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |