PENGEMBANGAN LKS BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS BAGI SISWA KELAS IV SD N 1 NUNGGALREJO

SELLA PRAMESTA, 1523053032 (2017) PENGEMBANGAN LKS BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS BAGI SISWA KELAS IV SD N 1 NUNGGALREJO. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (87Kb) | Preview
[img] Text
TESIS FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3957Kb)
[img]
Preview
Text
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2459Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar LKS, mengetahui kemenarikan LKS, dan mengetahui efektivitas LKS berbasis contextual teaching and learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang merujuk pada teori Borg & Gall. Populasi penelitian adalah 123 siswa kelas IV SD di Kecamatan Punggur dan sampel 43 siswa yang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan angket untuk kemenarikan, serta soal tes untuk uji efektivitas dengan n-gain dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan dapat digunakan dalam pembelajaran, LKS menarik bagi siswa dilihat dari respon siswa yang positif, dan LKS efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kata Kunci: lembar kerja siswa (LKS), contextual teaching and learning (CTL), kemampuan berpikir kriti WORKSHEET DEVELOPMENT BASED CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TO INCREASE CRITICAL THINKING ABILITY FOR CLASS IV SD N 1 NUNGGALREJO This research aims to develop worksheets teaching materials, to know the attractiveness of worksheets, and to know the effectiveness of worksheets based on contextual teaching and learning to improve critical thinking skills. This type of research is research and development (R & D) which refers to Borg & Gall's theory. The study population was 123 fourth graders of elementary school in Punggur subdistrict and sample of 43 students obtained by purposive sampling technique. Data were collected using questionnaires for attractiveness, and test questions for effectiveness tests with n-gain and t test. The results of this study indicate that worksheets developed can be used in learning, worksheets interesting for students seen from positive student response, and worksheets effectively improve students' critical thinking ability. Keywords: worksheet, contextual teaching and learning (CTL), critical thinking ability

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Depositing User: 72444984 . Digilib
Date Deposited: 08 Jun 2017 04:21
Last Modified: 08 Jun 2017 04:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26788

Actions (login required)

View Item View Item