YOLANDA HARYONO, 1313023091 (2017) EFEKTIVITAS LKS BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DITINJAU DARI GENDER SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (26Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1876Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1238Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas LKS berbasis keteram-pilan proses sains (KPS) dalam meningkatkan KPS pada materi hukum-hukum dasar kimia ditinjau dari gender siswa. Metode dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester ganjil di SMA Negeri 6 Metro tahun pelajaran 2016-2017. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas X.6 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.7 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji two ways ANOVA diperoleh nilai sig pada interaksi LKS*gender sebesar 0,467 berarti tidak terdapat interaksi antara peng-gunaan LKS dengan gender terhadap KPS siswa dan nilai sig pada efektivitas LKS sebesar 0,010 berarti LKS berbasis KPS efektif untuk meningkatkan KPS siswa. Hasil uji perbedaan dua rata-rata menunjukkan bahwa rata-rata n-gain KPS siswa laki-laki dan siswa perempuan pada pembelajaran menggunakan LKS berbasis KPS lebih tinggi daripada LKS konvensional dan pada pembelajaran menggunakan LKS berbasis KPS, rata-rata n-gain KPS siswa laki-laki tidak berbeda signifikan dengan siswa perempuan. Dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis KPS efektif dalam me-ningkatkan KPS pada materi hukum-hukum dasar kimia ditinjau dari gender siswa. Kata Kunci: gender, hukum-hukum dasar kimia, keterampilan proses sains, LKS
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QD Chemistry |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | 42164154 . Digilib |
Date Deposited: | 08 Jun 2017 06:13 |
Terakhir diubah: | 08 Jun 2017 06:13 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26791 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |