EFEKTIVITAS LKS BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DITINJAU DARI GENDER SISWA

YOLANDA HARYONO, 1313023091 (2017) EFEKTIVITAS LKS BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DITINJAU DARI GENDER SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1876Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1238Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas LKS berbasis keteram-pilan proses sains (KPS) dalam meningkatkan KPS pada materi hukum-hukum dasar kimia ditinjau dari gender siswa. Metode dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester ganjil di SMA Negeri 6 Metro tahun pelajaran 2016-2017. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas X.6 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.7 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji two ways ANOVA diperoleh nilai sig pada interaksi LKS*gender sebesar 0,467 berarti tidak terdapat interaksi antara peng-gunaan LKS dengan gender terhadap KPS siswa dan nilai sig pada efektivitas LKS sebesar 0,010 berarti LKS berbasis KPS efektif untuk meningkatkan KPS siswa. Hasil uji perbedaan dua rata-rata menunjukkan bahwa rata-rata n-gain KPS siswa laki-laki dan siswa perempuan pada pembelajaran menggunakan LKS berbasis KPS lebih tinggi daripada LKS konvensional dan pada pembelajaran menggunakan LKS berbasis KPS, rata-rata n-gain KPS siswa laki-laki tidak berbeda signifikan dengan siswa perempuan. Dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis KPS efektif dalam me-ningkatkan KPS pada materi hukum-hukum dasar kimia ditinjau dari gender siswa. Kata Kunci: gender, hukum-hukum dasar kimia, keterampilan proses sains, LKS

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: 42164154 . Digilib
Date Deposited: 08 Jun 2017 06:13
Last Modified: 08 Jun 2017 06:13
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26791

Actions (login required)

View Item View Item