SUNDARI, 1313022072 (2017) PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM IPA SMP BERBASIS MODEL COLLABORATIVE TEAMWORK LEARNING. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1672Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1205Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Pembelajaran IPA di sekolah tidak dapat terlepas dari kegiatan praktikum. Pelaksanaan kegiatan praktikum membutuhkan panduan yang dapat menuntun siswa, namun disekolah belum tersedia panduan praktikum khusus sehingga guru harus membuat petunjuk dalam bentuk lembaran sebagai panduan siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dilakukan penelitian pengembangan untuk menghasilkan panduan praktikum IPA SMP berbasis model collaborative teamwork learning untuk siswa kelas VIII di SMP Negeri 22 Bandarlampung pada materi getaran dan gelombang yang tervalidasi, menarik, memudahkan, bermanfaat, dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian research and development atau penelitian pengembangan. Telah dilakukan uji ahli produk yang terdiri dari uji ahli desain dengan diperoleh skor 3,50 (sangat layak), uji ahli materi dengan hasil materi sudah baik. Uji kemenarikan, kemudahan, dan kebermanfaatan yang telah dilakukan oleh siswa diperoleh kemenarikan dengan skor 3,14 (menarik), kemudahan dengan skor 3,09 (mudah), dan kebermanfaatan dengan skor 3,17 (bermanfaat). Kata kunci: collaborative teamwork learning, getaran dan gelombang, panduan praktikum
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QC Physics |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | 65167328 . Digilib |
Date Deposited: | 09 Jun 2017 06:43 |
Terakhir diubah: | 09 Jun 2017 06:43 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26800 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |