PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM IPA SMP BERBASIS MODEL COLLABORATIVE TEAMWORK LEARNING

SUNDARI, 1313022072 (2017) PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM IPA SMP BERBASIS MODEL COLLABORATIVE TEAMWORK LEARNING. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1672Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1205Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Pembelajaran IPA di sekolah tidak dapat terlepas dari kegiatan praktikum. Pelaksanaan kegiatan praktikum membutuhkan panduan yang dapat menuntun siswa, namun disekolah belum tersedia panduan praktikum khusus sehingga guru harus membuat petunjuk dalam bentuk lembaran sebagai panduan siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dilakukan penelitian pengembangan untuk menghasilkan panduan praktikum IPA SMP berbasis model collaborative teamwork learning untuk siswa kelas VIII di SMP Negeri 22 Bandarlampung pada materi getaran dan gelombang yang tervalidasi, menarik, memudahkan, bermanfaat, dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian research and development atau penelitian pengembangan. Telah dilakukan uji ahli produk yang terdiri dari uji ahli desain dengan diperoleh skor 3,50 (sangat layak), uji ahli materi dengan hasil materi sudah baik. Uji kemenarikan, kemudahan, dan kebermanfaatan yang telah dilakukan oleh siswa diperoleh kemenarikan dengan skor 3,14 (menarik), kemudahan dengan skor 3,09 (mudah), dan kebermanfaatan dengan skor 3,17 (bermanfaat). Kata kunci: collaborative teamwork learning, getaran dan gelombang, panduan praktikum

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QC Physics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Depositing User: 65167328 . Digilib
Date Deposited: 09 Jun 2017 06:43
Last Modified: 09 Jun 2017 06:43
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26800

Actions (login required)

View Item View Item