ANASTASIA APRIANI , 1313053011 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI MARGA KAYA KECAMATAN JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN TAHUN AJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (35Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (874Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1287Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah: masih rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Marga Kaya. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment desain penelitian nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah total sampling. Tehnik pengumpulan data adalah dokumentasi dan tes. Data dianalisis menggunakan uji independent sample t test Polled Varian. Hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) terhadap hasil belajar kognitif IPS siswa kelas VB SD Negeri Marga Kaya kecamatan Jati Agung Lampung Selatan Tahun Ajaran 2016/2017. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata prestasi belajar siswa yang mengikuti pembelajaran IPS menggunakan model NHT pada kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai rata-rata prestasi belajar siswa yang mengikuti metode pembelajaran ceramah pada kelas kontrol. Kata kunci: Hasil belajar, IPS, number head together. ABSTRACT The problem in this research is the students learn social studies remains low. The purpose at this study is to determine the influence of cooperative learning model NHT thype on the learning outcomes at social study. The method used in this research is quasi experimental research design non equivalent control group design. This study using total sampling technique. The main instruments used were a documentation and test. Data analyzed using independent sample t test Polled Varian. Data analyzed using independent sample t test Polled Varian. The results of data analysis research concluded there are influence of cooperative learning model number head together type towards learning outcomes on student’s at social study class VB SD Negeri Marga Kaya Kecamatan Jati Agung South Lampung Year Teaching 2016/2017. This is indicated by the average value of student achievement the following study uses a model IPS NHT the experimental class is higher than the average value of student achievement that followed the lecture teaching methods in the control class. Keyword: Learning outcomes, IPS, number head together.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 15882471 . Digilib |
Date Deposited: | 09 Jun 2017 04:21 |
Terakhir diubah: | 09 Jun 2017 04:21 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26810 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |