PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HAS IL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TERPADU SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SUKARAME KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017

Novita Rini, 1313053114 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HAS IL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TERPADU SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SUKARAME KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (95Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1212Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (957Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran terpadu dan pembelajaran yang dilakukan cenderung bersifat tradisional dengan metode ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe course review horay terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran terpadu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design, yaitu desain kuasi eksperimen dengan melihat perbedaan pretest dan posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang tidak dipilih secara random (acak). Penelitian ini menggunakan sampling purposive. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknis tes. Data dianalisis menggunakan uji independent sample t test. Hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe course review horay terhadap hasil belajar pada pembelajaran terpadu siswa kelas IV SD Negeri 1 Sukarame. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay pada kelas eksperimen (IV A) yaitu 79,35 lebih tinggi dari nilai rata-rata hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode ceramah pada kelas kontrol (IV B) yaitu 71,05. Kata Kunci: course review horay, hasil belajar, pembelajaran terpadu. ABSTRACT The problem in this research was about student result of integrated learning that still low, and also the method used tends to be traditionally which use lecture method. The aim of this research was to find out the effect of cooperative learning method which use type of course review horay to the student result of integrated learning. The method used in this research was quasi experiment, which used nonequivalent control group design as the research design, it is quasi experiment by finding the difference between pretest and posttest in experimental class and control class which were not chosen randomly. This research used sampling purposive. The instrument used in this research was technical test. The data was analyzed using independent sample t test. According to the result of data analysis, it can be concluded that there is an effect of cooperative learning method which use type of course review horay to the student result of integrated learning at the fourth grade of SDN 1 Sukarame. It can be seen from the student average score who take learning process through cooperative learning method which use type of course review horay in experimental class (IVA) 79,35 is higher than the student average score in control class(IVB) 71.05, which used lecture method. Keywords: course review horay, integrated learning, result of learning.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: 68537278 . Digilib
Date Deposited: 09 Jun 2017 04:23
Last Modified: 09 Jun 2017 04:23
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26811

Actions (login required)

View Item View Item