RANCANG BANGUN ALAT PENGUKUR CURAH HUJAN TIPE TIPPING BUCKET OTOMATIS BERBASIS MIKROKONTROLER ARDUINO MEGA 2560 DAN INTERNET OF THINGS (IoT)

M. ADITA PUTRA, 1314071035 (2017) RANCANG BANGUN ALAT PENGUKUR CURAH HUJAN TIPE TIPPING BUCKET OTOMATIS BERBASIS MIKROKONTROLER ARDUINO MEGA 2560 DAN INTERNET OF THINGS (IoT). FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (3678Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3679Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3678Kb) | Preview

Abstrak

Curah hujan merupakan salah satu komponen meteorologi yang perlu diperhatikan dalam bidang pertanian, karena digunakan dalam hal perencanaan, monitoring, dan pola tanam. Pengukuran curah hujan saat ini masih memiliki kekurangan, yaitu data hasil rekaman hujan tidak dapat dilihat dari jarak jauh dan data dapat diperoleh hanya terbatas di stasiun klimatologi BMKG saja. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan rancang bangun alat ukur curah hujan otomatis tipe tipping bucket dengan menggunakan mikrokontroler dan dengan memanfaatkan teknologi internet of things dalam sistem pengiriman datanya. Penelitian ini terdiri dari beberapa tahapan diantaranya yaitu perancangan desain struktural, perancangan desain fungsional dan pengujian rancangan. Mekanisme kerja rancangan alat ini yaitu alat merekam curah hujan secara otomatis hujan berdasarkan gerakan yang terjadi pada pias, data yang terekam diolah oleh mikrokontroler dan dikirimkan ke database online menggunakan Arduino Ethernet Shield yang terhubung dengan modem. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengujian rancaangan yaitu kalibrasi yang dilakukan dengan membuat hujan buatan menunjukkan konstanta bucket yaitu sebesar 0,44 mm dengan error 1,19 %. Sementara kalibrasi dan validasi data yang didapatkan dengan membandingkan nilai perekaman alat dengan alat ukur manual keduanya didapatkan nilai R2 sebesar 0,999. Hasil pengujian transmisi data menunjukkan alat dapat berfungsi dengan baik, yaitu pengiriman data dilakukan setiap satu jam sekali, jika dalam rentang waktu satu jam tidak terjadi hujan maka alat akan mengirimkan nilai 0. Data curah hujan akan ditampilkan pada website tippingbucket.weebly.com dengan metode HTML embed.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Pertanian ( Umum )
Program Studi: Fakultas Pertanian > Prodi Teknik Pertanian
Pengguna Deposit: 71136927 . Digilib
Date Deposited: 12 Jun 2017 07:13
Terakhir diubah: 12 Jun 2017 07:13
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26828

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir