PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 KEBUN TEBU KABUPATEN LAMPUNG BARAT TAHUN PELAJARAN 2016/2017

EKA WIDIYA ASTUTI, 1213034026 (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 KEBUN TEBU KABUPATEN LAMPUNG BARAT TAHUN PELAJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNVIERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (878Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1553Kb)

Abstrak

ABSTRAK Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan permasalahan dari hasil belajar Goegrafi kelas XI masih tergolong rendah, pentingnya media gambar dan model pembelajaran Problem Based Learning pada pembelajaran Geografi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh penggunaan media Gambar pada model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar Geografi siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Kebun Tebu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu (quasi experimental design). Subjek penelitian ini adalah kelas XI IPS 3 dipilih melalui metode pengambilan simple random sampling dimana belajar menggunakan media Gambar dan model pembelajaran Problem Based Learning. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Hasil penelitian menunjukan ada pengaruh penggunaan media Gambar pada model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar Geografi kelas XI di SMA Negeri 1 Kebun Tebu Lampung Barat Tahun Pelajaran 2016/2017. Kata kunci: Media Gambar, Model Pembelajaran Problem Based Learning, dan Hasil Belajar Geografi. ABSTRACT This research based on problem of results Geography learning class XI SMAN Kebun Tebu in low category, the important of picture and Problem Based Learning model for Geography Learning. This research aimed to analysis the effect of picture at Problem Based Learning model to results of Geography learning class XI SMAN Kebun Tebu. This research used Quasi Eksperimental Design Method. The subject of this research is XI IPS 3 as eksperiment class was selected by Simple Random Sampling technigue where learned used picture and Problem Based Learning model. Used observation and test technigue for collected data. Data analized used t-test. The result showed that there are the influence of picture at Problem Based Learning Model to results Geography learning class XI SMAN 1 Kebun Tebu in academic year 2016/2017 Keywords: Picture, Problem Based Learning Model, and The results of Geography Learning

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS
Depositing User: 85286386 . Digilib
Date Deposited: 12 Jun 2017 04:48
Last Modified: 12 Jun 2017 04:48
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26832

Actions (login required)

View Item View Item