PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ARTIKULASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI DI SMAN 1 NATAR TAHUN 2015/2016

ERVA SEPTI RINDIANTIKA, 1213034029 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ARTIKULASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI DI SMAN 1 NATAR TAHUN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (683Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1282Kb)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas, motivasi dan hasil belajar geografi di SMA Negeri 1 Natar tahun 2015/2016 dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi. Metode yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 3 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah 40 siswa dari kelas X-9 yang terdiri dari 25 siswa perempuan dan 15 siswa lakilaki. Data yang diambil berupa hasil tes akhir siklus dan hasil observasi aktivitas dan motivasi belajar. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa (2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa (3) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Kooperatif Tipe Artikulasi

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS
Depositing User: 88999574 . Digilib
Date Deposited: 12 Jun 2017 04:41
Last Modified: 12 Jun 2017 04:41
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26833

Actions (login required)

View Item View Item