PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) UNTUK MENGUKUR DIMENSI PENGETAHUAN IPA SISWA DI SMP

SUHAESTI JULIANINGSIH, 1313022071 (2017) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) UNTUK MENGUKUR DIMENSI PENGETAHUAN IPA SISWA DI SMP. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (979Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (853Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes Higher Order Thinking Skill keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam pembelajaran IPA di SMP, untuk mengembangkan kompetensi dasar instrumen asesmen HOTS, dan mengetahui karakteristik instrumen asesmen HOTS yang dikembangkan sebagai instrumen alternatif untuk mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada berbagai dimensi pengetahuan. Penelitian ini menggunakan jenis research and development, pada penelitian initelah dikembangkan KD dan indikator untuk mengembangkan soal HOTS,validasi soal oleh ahli desain evaluasi; ahli materi; dan ahli bahasa yang menyatakan bahwa soal tersebut layak digunakan, kemudian diujikan secara terbatas pada siswa kelas VII SMPN 22 Bandarlampung, revisi soal dan melakukan uji coba soal yang telah direvisi. Adapun hasil analisis soal yang telah diujikan yaitu soal memiliki reliabilitas sebesar 0,64% untuk soal pilihan jamak dan 0,82% untuk soal uraian dan dikategorikan ke dalam soal yang memiliki tingkat reliabilitas yang tinggi dan memiliki daya pembeda yang baik pada setiap butir soalnya. Selain memiliki validitas, reliabilitas dan daya beda dengan kriteria yang baik, soal HOTS yang dikembangkanpun memiliki karakteristik HOTS yang bersifat kontekstual yang berkaitan dengan kehidupan nyata ( Kata kunci: hots, instrumen asesmen, dimensi pengetahuan ABSTRACT This study aims to develop the Higher Order Thinking Skill ( instrument as an enrichment instrument for the assessment of high thinking skills in science lessons in junior high schools, to develop basic competence ( indicators used for HOTS assessment instruments, and see the characteristics of HOTS assessment instruments developed as an alternative instrument for skill levels. This research uses research and development, in this research has been developed KD and indicator for HOTS problem development, validation question by evaluation design expert; Expert material; And the linguist who stated the matter was worthy of use, then tested on a limited basis to the seventh graders of SMPN 22 Bandarlampung, revised the problem and did a test of the revised question. The results of the analysis of the problems that have been Tested is the matter of having the reliability of 0.64% for the choice of plural and 0.82% for the problem description and categorized into the problem that has a high level of reliability and has a good distinguishing power on each item because. In addition to having validity, reliability and differentiation with good criteria, HOTS has developed a HOTS characteristic that continues to be contextually related to real life ( Keywords: hots, assessment instruments, knowledge dimensions

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> QC Physics
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 34710336 . Digilib
Date Deposited: 13 Jun 2017 01:45
Terakhir diubah: 13 Jun 2017 01:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26848

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir