PROFIL KETERAMPILAN BERTANYA SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI SMAN 1 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

RIZKY LESTARI, 1213024060 (2017) PROFIL KETERAMPILAN BERTANYA SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI SMAN 1 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN .

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1378Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1324Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan bertanya siswa dalam pembelajaran biologi di SMAN 1 Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan teknik random sampling sehingga diperoleh 6 kelas sampel yaitu X IPA 1, X IPA 2, X IPA 3, XI IPA 3, XI IPA 4, XI IPA 5. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif yang berupa keterampilan bertanya dan kualitas bertanya siswa. Keterampilan bertanya oleh siswa yang diukur adalah kuantitas pertanyaan siswa (jumlah pertanyaan yang diajukan siswa) dan tata cara bertanya siswa yang meliputi substansi pertanyaan, bahasa yang digunakan siswa, kesopanan siswa, serta volume suara siswa saat bertanya. Kualitas pertanyaan siswa yang diukur yaitu jenis pertanyaan siswa yang dianalisis berdasarkan taksonomi Bloom yang telah direvisi dan dilihat berdasarkan gender. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan observasi menggunakan lembar observasi dan dokumentasi berupa video proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan bertanya siswa dalam pembelajaran biologi di SMAN 1 Bandar Lampung berkategori “sedang” (68,64%) dengan kuantitas pertanyan yang berkategori “ rendah “ (33,93%) dan tata cara bertanya berkategori “ tinggi” (77,32%). Minimnya kuantitas pertanyaan disebabkan oleh rendahnya motivasi bertanya dari guru serta rendahnya kemampuan guru dalam pemberian kesempatan bertanya siswa. Pertanyaan yang diajukan oleh siswa didominasi oleh pertanyaan tingkat kognitif rendah (79,54%) yang mana siswa perempuan dapat mengajukan pertanyaan sampai dengan tingkat menganalisis (C4) sedangkan siswa laki-laki mampu mengajukan pertanyaan sampai dengan tingkat mencipta (C6). Kata Kunci: Keterampilan Bertanya, Kualitas Pertanyaan, Taksonomi Bloom Revisi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 7018682 . Digilib
Date Deposited: 13 Jun 2017 06:49
Terakhir diubah: 13 Jun 2017 06:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26853

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir