PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KRUI TAHUN AJARAN 2016/2017

IYAR WINDI YANTI, 1313033042 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KRUI TAHUN AJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (41Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2268Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1638Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan observasi pendahuluan di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Krui diketahui bahwa rendah atau kurangnya motivasi belaja r siswa pada mata pelajaran sejarah, untuk menyikapi hal tersebut perlu adanya suatu tindakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Sehingga, utuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Model pembelajaran ini dapat berperan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Apakah ada Pengaruh yang Positif Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Krui Tahun Ajaran 2016/2017?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui “Adanya Pengaruh yang positif Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS SMA Negeri 1 Krui tahun ajaran 2016/2017”. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sehingga sampel yang diperoleh yaitu siswa kelas XI IPS 4 dan XI IPS 5. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dengan dilakukan uji analisis data menggunakan rumus theta. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan dengan menggunakan rumus theta (θ) yaitu 0,50625. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh positif Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap motivasi belajar sejarah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Krui Tahun Ajaran 2016/2017. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Motivasi Belajar Siswa

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: 71464930 . Digilib
Date Deposited: 14 Jun 2017 01:59
Terakhir diubah: 14 Jun 2017 01:59
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26859

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir