PENERAPAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN MANDAH KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

SRI ANIE RAFAIDA , 1413093043 (2016) PENERAPAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN MANDAH KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
2. ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1087Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (851Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Mandah Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada kelas IV SDN Mandah Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian tindakan kelas ini, terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Alat pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan siswa dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan siklus I persentase keaktifan siswa mencapai 83% siswa aktif. Siklus II persentase keaktifan siswa mencapai 92% siswa aktif. Hasil belajar siswa siklus I persentase ketuntasan siswa mencapai 88% siswa yang tuntas belajar. Siklus II persentase ketuntasan siswa mencapai 96% siswa yang tuntas belajar. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Mandah meningkat. Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, Student Teams Achievement Divisions

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 32100946 . Digilib
Date Deposited: 14 Jun 2017 06:51
Terakhir diubah: 14 Jun 2017 06:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26876

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir