PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ORISINIL PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT

ELYA ROSA KARTIKA, 1313023026 (2017) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ORISINIL PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (51Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3457Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3458Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ORISINIL PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT Oleh Elya Rosa Kartika Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model discovery learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir orisinil siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X di SMAN 6 Metro yang terdiri dari 8 kelas yaitu kelas X.1-X.8. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas X.2 dan X.4 dengan jumlah siswa yaitu 25 dan 23 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, sehingga mendapatkan dua kelas penelitian sebagai sampel yaitu kelas X.2 dan X.4 sebagai kelas eksperimen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Poor Exsperimental Design dengan One Group Pretest-Posttest Design. Kelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan model discovery learning. Kepraktisan ditentukan berdasarkan keterlaksanaan model discovery learning dan respon siswa yang berkategori “tinggi”. Keefektivan ditentukan berdasarkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dan aktivitas siswa selama pembelajaran yang berkategori “tinggi”, serta kemampuan berpikir orisinil siswa yang berkategori “ sedang” ditunjukkan dari nilai rata-rata n-Gain kedua kelas yang tidak jauh berbeda yaitu 0,70 di kelas X.2 dan 0,60 di kelas X.4. Model discovery learning memiliki ukuran pengaruh yang besar yaitu 0,98. Berdasarkan hal tersebut, model discovery learning praktis, efektif dan memiliki ukuran pengaruh yang besar dalam meningkatkan kemampuan berpikir orisinil siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Kata kunci: discovery learning, kemampuan berpikir orisinil, larutan elektrolit dan non elektrolit.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> QD Chemistry
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 1193721 . Digilib
Date Deposited: 15 Jun 2017 02:41
Terakhir diubah: 15 Jun 2017 02:41
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26889

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir