PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SUNGKAI JAYA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

EDWINA RUSVITA NUR , 1113033018 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SUNGKAI JAYA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1455Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1221Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Berdasarkan observasi pendahuluan kelas X SMA Negeri 1 Sungkai Jaya dapat diketahui bahwa hanya 39 siswa dari jumlah seluruh siswa sebanyak 119 siswa yang mampu mencapai KKM dalam ulangan harian mata pelajaran sejarah. Hal tersebut dikarenakan tinggi rendahnya hasil belajar tidak ditentukan oleh siswa itu sendiri, melainkan juga ditentukan oleh penggunaan model pembelajaran yang tepat. Upaya untuk menyelesaikan permasalahan tersebut peneliti menggunakan model pembelajaran Cooperative Script. Model pembelajaran ini dapat berperan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh model pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar kognitif pada mata pelajaran Sejarah siswa kelas X SMA Negeri 1 Sungkai Jaya?”. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar kognitif pada mata pelajaran sejarah siswa kelas X SMA N 1 Sungkai Jaya. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan desain yang digunakan Posttest Only Control Design, teknik pemilihan sampel ialah purposive sampling dan teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan tes. Teknik analisis data kuantitatif dengan rumus koefisien Eta (η). Berdasarkan uji yang telah dilakukan dapat di lihat hasil hipotesis dari hasil perhitungan yaitu nilai Eta 0,9, sehingga H0 ditolak. Jadi hasil analisis data secara kuantitatif model pembelajaran Cooperative Script berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Sejarah siswa kelas X SMA Negeri 1 Sungkai Jaya yang dikategorikan dalam koefisien kolerasi dan kekuatan hubungan memiliki arti sangat kuat.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > D History (General)
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: 88922014 . Digilib
Date Deposited: 15 Jun 2017 03:50
Terakhir diubah: 15 Jun 2017 03:50
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26901

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir