PENERAPAN ROOT CAUSE ANALYSIS (RCA) DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN PENGELOLAAN BARANG MILIK DAERAH PADA PEMERINTAH DAERAH DI PROVINSI BENGKULU (Studi Kasus: Temuan Pemeriksaan BPK RI atas Pengelolaan Aset Tetap Pada Pemerintah Daerah di Provinsi Bengkulu)

TONI PEBRIANSYA, 1411031146 (2017) PENERAPAN ROOT CAUSE ANALYSIS (RCA) DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN PENGELOLAAN BARANG MILIK DAERAH PADA PEMERINTAH DAERAH DI PROVINSI BENGKULU (Studi Kasus: Temuan Pemeriksaan BPK RI atas Pengelolaan Aset Tetap Pada Pemerintah Daerah di Provinsi Bengkulu). FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (741Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (630Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan menganalisis apakah yang menjadi akar penyebab timbulnya permasalahan dalam pengelolaan barang milik daerah di beberapa Pemerintah Daerah Provinsi Bengkulu sehingga menyebabkan aset tetap beberapa tahun terakhir selalu menjadi temuan BPK RI dan menghalangi memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Root Cause Analysis (RCA). Root Cause Analysis adalah teknik langkah demi langkah yang terstruktur yang berfokus pada menemukan penyebab sebenarnya dari suatu masalah dan mencari cara menangani masalah tersebut daripada terus-menerus mengatasi gejalanya. Metode ini dapat membantu pemerintah memahami masalah dengan cukup baik untuk mencapai penyelesaian permanen dari masalah tersebut. Hasil dari penelitian dengan menerapkan Root Cause Analysis ini adalah untuk mengetahui: apa yang terjadi (bersumber dari permasalahan dari temuan hasil pemeriksaan BPK); Mengapa hal itu terjadi (berupa analisis investigasi akar permasalahan yang ditampilkan kedalam fishbone diagram); Dan apa yang bisa dilakukan untuk mencegahnya terjadi lagi (berupa action plan). Kata Kunci: Permasalahan barang milik daerah, aset pemerintahan daerah, temuan audit, analisis akar permasalahan (Root Cause Analysis), fishbone diagram.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > HF Commerce > HF5601 Accounting
Program Studi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi S1-Akuntansi
Pengguna Deposit: 12701542 . Digilib
Date Deposited: 15 Jun 2017 04:01
Terakhir diubah: 15 Jun 2017 04:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26911

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir