PENERAPAN ROOT CAUSE ANALYSIS (RCA) DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN PENGELOLAAN BARANG MILIK DAERAH PADA PEMERINTAH DAERAH DI PROVINSI BENGKULU (Studi Kasus: Temuan Pemeriksaan BPK RI atas Pengelolaan Aset Tetap Pada Pemerintah Daerah di Provinsi Bengkulu)

TONI PEBRIANSYA, 1411031146 (2017) PENERAPAN ROOT CAUSE ANALYSIS (RCA) DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN PENGELOLAAN BARANG MILIK DAERAH PADA PEMERINTAH DAERAH DI PROVINSI BENGKULU (Studi Kasus: Temuan Pemeriksaan BPK RI atas Pengelolaan Aset Tetap Pada Pemerintah Daerah di Provinsi Bengkulu). FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (741Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (630Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menganalisis apakah yang menjadi akar penyebab timbulnya permasalahan dalam pengelolaan barang milik daerah di beberapa Pemerintah Daerah Provinsi Bengkulu sehingga menyebabkan aset tetap beberapa tahun terakhir selalu menjadi temuan BPK RI dan menghalangi memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Root Cause Analysis (RCA). Root Cause Analysis adalah teknik langkah demi langkah yang terstruktur yang berfokus pada menemukan penyebab sebenarnya dari suatu masalah dan mencari cara menangani masalah tersebut daripada terus-menerus mengatasi gejalanya. Metode ini dapat membantu pemerintah memahami masalah dengan cukup baik untuk mencapai penyelesaian permanen dari masalah tersebut. Hasil dari penelitian dengan menerapkan Root Cause Analysis ini adalah untuk mengetahui: apa yang terjadi (bersumber dari permasalahan dari temuan hasil pemeriksaan BPK); Mengapa hal itu terjadi (berupa analisis investigasi akar permasalahan yang ditampilkan kedalam fishbone diagram); Dan apa yang bisa dilakukan untuk mencegahnya terjadi lagi (berupa action plan). Kata Kunci: Permasalahan barang milik daerah, aset pemerintahan daerah, temuan audit, analisis akar permasalahan (Root Cause Analysis), fishbone diagram.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: H Ilmu Sosial = Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Program Studi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi Akuntansi
Depositing User: 12701542 . Digilib
Date Deposited: 15 Jun 2017 04:01
Last Modified: 15 Jun 2017 04:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26911

Actions (login required)

View Item View Item