DIKSI DALAM POSTER BERBASIS ELEKTRONIK DI YOUTUBE SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)

Amelia Saputri, 1313041003 (2017) DIKSI DALAM POSTER BERBASIS ELEKTRONIK DI YOUTUBE SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA). UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1106Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (820Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini membahas masalah pilihan kata dalam poster berbasis elektronik di Youtube serta implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Mengenah Atas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan diksi pada poster berbasis elektronik di Youtube, dengan mengidentifikasi makna dan unsur-unsur konteks yang mendukung serta implikasinya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas. Metode penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif, yakni prosedur penyelesaian masalah dengan memaparkan keadaan objek penelitian berdasarkan fakta-fakta yang tampil sebagaimana adanya. Sumber data dalam penelitian ini adalah poster berbasis elektronik pada periode Desember 2016 – Januari 2017 di Youtube, sedangkan data penelitianya adalah diksi pada poster berbasis elektronik di Youtube, dan data penelitiannya berupa kata-kata yang digunakan dalam poster berbasis elektronik tersebut. Peneliti dalam menganalisis diksi poster berbasis elektronik, berdasarkan ada tidaknya nilai rasa yang dikandung pada pilihan kata dalam poster tersebut, yakni kata denotatif dan konotatif, untuk memperjelas makna pilihan kata pada poster berbasis elektronik tersebut. Penelitian menggunakan unsur-unsur konteks yang mendukungnya, meliputi setting, participants, ends, act sequences, instrumentalities, norm, dan genre. Dari hasil penelitian diketahui bahwa poster berbasis elektronik di Youtube, yakni Aqua, Pocari Sweat, Nu Milk Tea, Pop Mie, Mie Instan, Telkomsel, Traveloka, Tempat Liburan, Susu Bear Brand, Honda Beat. terdapat seratus data kata bermakna denotatif yang bersifat lugas dan tegas karena dibuat dengan tidak menginginkan interpretasi tambahan dari pembacanya, dan tiga puluh data kata bermakna konotatif dengan tujuan menginginkan interpretasi tambahan dari pembacanya. Hasil penelitian ini dapat diImplikasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA sebagai sumber atau bahan pembelajaran, yaitu dengan Kompetensi Dasar (KD) 3.10 Mengevaluasi informasi, baik fakta maupun opini, dalam sebuah artikel yang dibaca. Implikasi diksi pada poster berbasis elektronik di Youtube, baik yang berupa media audio visual seperti video iklan atau gerak yang terdapat pada poster elektronik tersebut dijadikan sebagai sumber pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Kata kunci : diksi, pembelajaran, poster Berbasis Elektronik di Youtube.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Depositing User: 10537884 . Digilib
Date Deposited: 15 Jun 2017 06:37
Last Modified: 15 Jun 2017 06:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26918

Actions (login required)

View Item View Item