PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA PADA SURAT DINAS DI KANTOR KECAMATAN MESUJI KABUPATEN MESUJI SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN MENULIS DI SEKOLAH

CINDI YOLANDA, 1313041012 (2017) PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA PADA SURAT DINAS DI KANTOR KECAMATAN MESUJI KABUPATEN MESUJI SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN MENULIS DI SEKOLAH. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1028Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (733Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini membahas masalah penggunaan bahasa Indonesia pada surat dinas di Kantor Kecamatan Mesuji Kabupaten Mesuji serta implikasinya terhadap pembelajaran menulis di sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan bahasa Indonesia pada surat dinas di Kantor Kecamatan Mesuji Kabupaten Mesuji serta implikasinya terhadap pembelajaran menulis di sekolah. Metode yang digunakan ialah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ialah surat dinas di Kantor Kecamatan Mesuji. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data yang sudah didokumentasikan berupa surat dinas. Teknik analisis data dalam penelitian ini ialah analisis teks. Hasil penelitian ini mencakup deskripsi penggunaan bahasa Indonesia pada surat dinas di Kantor Kecamatan Mesuji. Setelah data dianalisis ditemukan kesalahan sebanyak 1161 data , di antaranya penggunaan ejaan, pilihan kata, dan kalimat efektif. Kesalahan penggunaan ejaan yang terdapat pada surat dinas di Kantor Kecamatan Mesuji ini, yaitu kesalahan penulisan huruf kapital, huruf miring, huruf tebal, kata depan, singkatan dan akronim, angka dan bilangan, tanda titk, tanda koma, tanda titik dua, tanda hubung, dan tanda garis miring. Kesalahan yang paling banyak terletak pada penulisan huruf kapital, sedangkan kesalahan yang paling sedikit terletak pada penulisan angka dan bilangan. Kesalahan penggunaan pilihan kata yang terdapat pada surat dinas di Kantor Kecamatan Mesuji ini, yaitu kesalahan penggunaan kata yang tidak baku, tidak umum, tidak santun, dan tidak cermat. Kesalahan yang paling banyak terletak pada penulisan ketidakcermatan kata, sedangkan kesalahan yang paling sedikit terletak pada penulisan ketidaksantunan kata. Kesalahan penggunaan kalimat efektif yang terdapat pada surat dinas di Kantor Kecamatan Mesuji ini, yaitu kesalahan penggunaan kalimat yang tidak sepadan, tidak parallel, tidak hemat, tidak cermat, dan tidak logis. Kesalahan yang paling banyak terletak pada penulisan ketidakcermatan kalimat, sedangkan ketidaktegasan dan ketidakpaduan kalimat, tidak ditemukan kesalahan. Implikasi penggunaan bahasa Indonesia pada surat dinas di Kantor Kecamatan Mesuji terhadap pembelajaran menulis di sekolah dapat berupa uraian skenario pembelajaran memahami dan memproduksi penggunaan bahasa Indonesia dalam bentuk surat dinas dalam pembelajaran menulis surat dinas. Kata kunci: surat dinas, pembelajaran, penggunaan bahasa Indonesia.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> P Philology. Linguistics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 3748250 . Digilib
Date Deposited: 16 Jun 2017 02:38
Terakhir diubah: 16 Jun 2017 02:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26924

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir