DIKSI PADA KULIAH UMUM ETIKA PROF. DR. FRANZ MAGNIS SUSENO S.J. SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

Widiyawati, 1313041091 (2017) DIKSI PADA KULIAH UMUM ETIKA PROF. DR. FRANZ MAGNIS SUSENO S.J. SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Fakultas FKIP, Universitas lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (857Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (858Kb) | Preview

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah diksi pada kuliah umum etika Prof. Dr. Franz Magnis Suseno S.J. serta implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan diksi dengan mengidentifikasi makna dan unsur-unsur konteks yang mendukung serta implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data penelitiannya berupa kata-kata yang digunakan dalam kuliah umum Romo Magnis. Analisis data didasarkan pada penggunaan kata bermakna denotasi dan konotasi beserta konteks yang melatarinya. Berdasarkan hasil penelitian, diksi yang digunakan pada kuliah umum etika Romo Magnis menggunakan kata bermakna denotasi dan konotasi. Kata yang bermakna denotasi cenderung digunakan dibandingkan dengan kata yang bermakna denotasi. Kata yang bermakna denotasi cenderung digunakan karena kuliah umum merupakan forum resmi, serta tidak lepas dari konteks yang melatarinya. Konteks tersebut meliputi setting, partisipans, ends, act sequence, keys, instrumentalities, norm, dan genres. Hasil penelitian dapat diimplikasi pada pembelajaran teks eksposisi dalam mata pelajaran bahasa Indonesia di SMA. Kata kunci : diksi, kuliah umum etika di Youtube, pembelajaran

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Depositing User: 87001434 . Digilib
Date Deposited: 15 Jun 2017 06:34
Last Modified: 15 Jun 2017 06:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26925

Actions (login required)

View Item View Item