ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA KOPERASI SUTRAWA BANDAR LAMPUNG

Vivi Setyawati, 1313031088 (2017) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA KOPERASI SUTRAWA BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3374Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2805Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kepuasan anggota yang rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan anggota Koperasi Sutrawa Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan metode survei. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 105 anggota. Sampel yang diperoleh adalah 70 anggota dengan menggunakan rumus Slovin dan teknik sampel yaitu problability sampling dengan simple random sampling. Dengan instrumen yang digunakan adalah angket. Varibel yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari variabel bebas dan variabel terikat. Untuk variabel bebasnya yaitu Kualitas Pelayanan (SERVQUAL) (X) yang terdiri dari varibel Bukti Fisik (X1), Keandalan (X2), Daya Tanggap (X3), Jaminan (X4), dan Empati (X5). Sedangkan variabel terikatnya adalah variabel kepuasan Anggota (Y). Pengujian hipotesis dianalisis dengan menggunakan regresi linear sederhana dan regresi linear multipel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel kualitas pelayanan yang terdiri dari Bukti Fisik (X1) sebesar 2,293, Keandalan (X2) sebesar 2,031, Daya Tanggap (X3) sebesar 3,048, Jaminan (X4) sebesar 3,508, dan Empati (X5) sebesar 6,396. Secara parsial terhadap kepuasan anggota, dan juga terdapat pengaruh antara variabel SERVQUAL yang terdiri dari Bukti Fisik (X1), Keandalan (X2), Daya Tanggap (X3), Jaminan (X4), dan Empati (X5) sebesar 563,585 secara simultan terhadap kepuasan anggota, dan variabel empati (X5) merupakan variabel yang dominan mempengaruhi kepuasan anggota. nilai Adjusted R Square dalam penelitian ini sebesar 0,978, yang berarti bahwa 97,8% kepuasan anggota dipengaruhi oleh variabel kualitas pelayanan/SERVQUAL. Kata Kunci: kualitas pelayanan (SERVQUAL), kepuasan anggota, Koperasi Sutrawa Bandar Lampung.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: H Ilmu Sosial = Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Ilmu Sosial = Social Sciences > HJ Public Finance
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Depositing User: 7861631 . Digilib
Date Deposited: 19 Jun 2017 07:34
Last Modified: 19 Jun 2017 07:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26931

Actions (login required)

View Item View Item