POTENSI Trichoderma spp. DAN EKSTRAK RIMPANG KENCUR (Kaempferia galanga L.) DALAM MENINGKATKAN KETAHANAN TANAMAN PISANG TERHADAP PENYAKIT DAUN SIGATOKA

Mayuda Santana, 1314121114 (2017) POTENSI Trichoderma spp. DAN EKSTRAK RIMPANG KENCUR (Kaempferia galanga L.) DALAM MENINGKATKAN KETAHANAN TANAMAN PISANG TERHADAP PENYAKIT DAUN SIGATOKA. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (2571Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2827Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2828Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Salah satu penyakit penting pada daun tanaman pisang yang dapatkan menurunkan produktivitas tanaman pisang adalah penyakit sigatoka. Penyakit ini disebabkan oleh jamur Mycosphaerella musicola. Dalam upaya mencari bahan efektif, efisien dan ramah lingkungan, maka dalam penelitian ini dilakukan uji aplikasi Trichoderma spp. dan ekstrak rimpang kencur pada rizosfer tanaman pisang untuk meningkatkan ketahanannya terhadap penyakit sigatoka. Penelitian dilakukan di laboratorium dan halaman Laboratorium Hama dan Penyakit, Fakultas Pertanian, Universitas Lampung pada bulan September 2016 sampai dengan Januari 2017. Perlakuan disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL). Data yang diperoleh dianalisis dengan sidik ragam kemudian dilanjutkan dengan membandingkan nilai tengah dengan uji beda nyata terkecil (BNT) pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa aplikasi Trichoderma spp. dan ekstrak rimpang kencur di rizosfer tanaman pisang dapat menekan diameter bercak penyakit sigatoka dan dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman pisang. Kata kunci: Ketahanan tanaman, penyakit sigatoka, pisang, rimpang kencur, Trichoderma spp.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Budidaya tanaman
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Agroteknologi
Pengguna Deposit: 97676360 . Digilib
Date Deposited: 16 Jun 2017 06:05
Terakhir diubah: 16 Jun 2017 06:05
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26942

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir