IMPLIKATUR PERCAKAPAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XII IPS 1 SMA YAYASAN PEMBINA UNILA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BERBICARA SISWA DI SMA

Uswatun Hasanah, 1423041032 (2017) IMPLIKATUR PERCAKAPAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XII IPS 1 SMA YAYASAN PEMBINA UNILA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BERBICARA SISWA DI SMA. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] File PDF
2. TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (4050Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. TESIS FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (4052Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK IMPLIKATUR PERCAKAPAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XII IPS 1 SMA YAYASAN PEMBINA UNILA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BERBICARA SISWA DI SMA Oleh Uswatun Hasanah Masalah penelitian ini adalah bagaimanakah implikatur percakapan dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia kelas XII IPS 1 SMA Yayasan Pembina Unila. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan implikatur percakapan dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia kelas XII IPS 1 di SMA Yayasan Pembina Unila dan implikasinya terhadap aspek keterampilan berbicara siswa. Desain penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dengan metode penelitian deskriptif kualitatif, penulis memaparkan, menggambarkan, dan menganalisis secara kritis, dan objektif dengan data yang otentik. Data penelitian berupa bentuk percakapan yang mengandung implikatur berbahasa dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia kelas XII IPS 1 di SMA Yayasan Pembina Unila. Hasil penelitian menunjukkan (1) jenis tuturan yang mendominasi pada tuturan guru adalah tindak tutur direktif. Hal ini tidak terlepas dari klasifikasi hubungan yang sangat dekat, sehingga membuat penutur menyampaikan tuturan tersebut tanpa merasa membebani mitra tuturnya. (2) Hasil temuan bentuk verbal tuturan menunjukkan bahwa keduanya memiliki kemampuan untuk memilih penggunaan bentuk verbal yang tepat sesuai dengan situasi dan kondisi yang dihadapi. Beberapa data menunjukkan bahwa ternyata guru memanfaatkan bentuk verbal tuturan tersebut sebagai strategi agar tujuan pembelajaran bahasa Indonesia tercapai. Implikasi hasil temuan berupa suplemen bahan ajar/materi pembelajaran terkait kesantunan dapat digunakan untuk mendorong siswa agar mampu meningkatkan kegiatan berbicara secara baik. Guru dan siswa mampu memilih kata-kata yang tepat dan yang seharusnya digunakan dalam berbicara di dalam proses pembelajaran. Kata kunci: implikatur, jenis, verbal, YP, implikasi   ABSTRACT CONVERSATIONAL IMPLICATURE LEARNING PROCESS IN INDONESIAN CLASS XII IPS 1 SMA FOUNDATION AND THE IMPLICATIONS OF TRUSTEES UNILA SPEAKING STUDENTS LEARNING IN SMA Uswatun Hasanah The problem of this research is how the conversation implicatur in learning process of Indonesian class XII IPS 1 SMA Pembina Unila Foundation. The purpose of this study is to describe the implicatur of conversation in learning process of Indonesian class XII IPS 1 in SMA Pembina Unila Foundation and its implication to student's speaking skill aspect. This study was descriptive qualitative. With descriptive qualitative research methods, the authors explain, describe and analyze critically and objectively the data is authentic. Data research is a form of conversation containing implicatures speaking in the process of learning the Indonesian language class XII IPS 1 in the SMA Foundation Trustees Unila. The results showed (1) the type of speech that dominates in the teacher's speech is the act of speech directive. This is inseparable from the very close classification of relationships, thus making the speaker convey the speech without feeling the burden on his partner. (2) The findings of verbal forms of speech indicate that both have the ability to choose the appropriate use of verbal forms in accordance with the situation and conditions encountered. Some data show that the teacher utilizes verbal form of the speech as a strategy for the purpose of learning Indonesian language is achieved. The implications of the findings in the form of supplementary teaching materials/related materials related to politeness can be used to encourage students to be able to improve the activities of speaking well. Teachers and students are able to choose the right words and which should be used in speaking in the learning process. Keywords: implicatures, kind, verbal, YP, implications

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Pengguna Deposit: 71129721 . Digilib
Date Deposited: 21 Jun 2017 01:49
Terakhir diubah: 21 Jun 2017 01:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27084

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir