ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN HEDGING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDATAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2013 -2015

SITI HAFIDOH , 1311011155 (2017) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN HEDGING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDATAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2013 -2015. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1027Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (900Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Lindung nilai atau hedging melalui instrumen derivatif merupakan salah satu alternatif dari manajemen risiko yang bertujuan untuk melindungi aset yang dimiliki perusahaan dari kerugian yang diakibatkan oleh risiko yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan hedging pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2013- 2015. Motivasi yang memengaruhi perusahaan mengambil keputusan hedging adalah financial distress problem, underinvestment problem, dan asset subtituition problem. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diunduh dari situs Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2015. Sedangkan sampel penelitian ini sejumlah 96 perusahaan yang memiliki eksposur transaksi. Analisis regresi logistik dengan metode stepwise digunakan untuk menguji hipotesis. Hasil pengujian menunjukkan bahwa model analisis menghasilkan ketepatan 60,2 %. Proksi dari variabel independen yaitu leverage, growth opportunity, firm size, dan likuiditas berpengaruh signifikan terhadap keputusan hedging dengan tingkat signifikansi 5%, sedangkan financial distress, profitabilitas dan dividend policy tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan hedging. Kesimpulan dari penelitian ini adalah financial distress problem dengan proksi leverage; underinvestment problem dengan proksi growth opportunity dan firm size; serta asset substitution problem dengan proksi likuiditas berpengaruh terhadap keputusan hedging. Kata kunci: Lindung nilai, instrumen derivatif, manajemen risiko.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: H Ilmu Sosial = Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Program Studi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: 87783190 . Digilib
Date Deposited: 21 Jun 2017 02:52
Last Modified: 21 Jun 2017 02:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27096

Actions (login required)

View Item View Item