PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN PENGETAHUAN BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT

EKHA OKTHARIA , 1313023022 (2017) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN PENGETAHUAN BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1005Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (913Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik, tanggapan guru, dan tanggapan siswa terhadap instrumen asesmen pengetahuan berbasis problem solving pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Tahap pelaksanaan penelitian ini adalah dengan melakukan analisis kebutuhan yang teridiri dari studi pustaka dan studi lapangan, pengembangan produk, uji coba lapangan awal, dan revisi hasil uji coba instrumen asesmen pengetahuan. Instrumen penelitian ini adalah pedoman wawancara analisis kebutuhan, instrumen validasi ahli, angket tanggapan guru dan siswa. Karakteristik asesmen yang dikembangkan yaitu asesmen untuk mengukur ranah pengetahuan siswa berupa tes tertulis sebanyak 10 soal uraian. Asesmen yang dikembangkan tersebut dirancang khusus untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah pada siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa instrumen asesmen ini dapat dijadikan acuan atau referensi bagi guru untuk melakukan evaluasi pada akhir pembelajaran kimia, dengan persentase tanggapan guru pada aspek keterbacaan, konstruksi, dan kesesuaian isi materi sebesar 100%, 90%, dan 100%, serta tanggapan siswa pada aspek keterbacaan sebesar 85,83%. Uji validitas instrumen asesmen memiliki nilai r hitung > r tabel product moment sehingga instrumen asesmen dikategorikan valid. Uji reliabilitas instrumen asesmen bernilai 0,773 sehingga dikategorikan tinggi. Kesimpulan penelitian ini adalah instrumen asesmen yang dikembangkan valid dan layak digunakan. Kata kunci : asesmen, problem solving, larutan elektrolit dan non elektrolit

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 32783528 . Digilib
Date Deposited: 21 Jun 2017 03:32
Terakhir diubah: 21 Jun 2017 03:32
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27101

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir