PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VC SD NEGERI 9 TEGINENENG

DIAN PUSPITA WAHYUDI , 1313053037 (2017) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VC SD NEGERI 9 TEGINENENG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1438Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1173Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VC SD Negeri 9 Tegineneng. Berdasarkan hasil studi dokumentasi, observasi dan wawancara, hal tersebut disebabkan antara lain pembelajaran masih bersifat konvensional, kurangnya partisipasi siswa untuk bertanya dan mengemukakan pendapat, guru belum maksimal dalam mengelola pembelajaran baik dengan menggunakan model, strategi dan metode pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui model cooperative learning tipe numbered head together. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari dua siklus, setiap siklus memiliki empat tahapan, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non tes dan teknik tes. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model cooperative learning tipe numbered head together dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat pada hasil belajar matematika siswa siklus I dengan katagori “Baik” namun belum mencapai ketuntasan. Dilanjutkan pada siklus II dengan katagori “Sangat baik” dan telah mencapai ketuntasan. Kata kunci: cooperative learning, numbered head together, hasil belajar

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 46866299 . Digilib
Date Deposited: 21 Jun 2017 04:40
Terakhir diubah: 21 Jun 2017 04:40
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27117

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir