ANALISIS PELAKSANAAN PRAKTIKUM DAN PERMASALAHANNYA PADA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN DI SMP (Studi Deskriptif Pelaksanaan se-Kecamatan Enggal Kotamadya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017)

Lia Lestari, 1313024049 (2017) ANALISIS PELAKSANAAN PRAKTIKUM DAN PERMASALAHANNYA PADA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN DI SMP (Studi Deskriptif Pelaksanaan se-Kecamatan Enggal Kotamadya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (883Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (731Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pelaksanaan dan permasalahan praktikum pada materi organisasi kehidupan. Sampel dalam penelitian adalah guru IPA kelas VII di SMP se-Kecamatan Enggal Kotamadya Bandar Lampung yang melakukan praktikum materi organisasi kehidupan yang ditetapkan secara purpo-sive sampling. Desain yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan desain riset eksploratori. Jenis data berupa data deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan observasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif model Miles dan Huberman yang diperoleh dari angket, wawancara, observasi tahapan pelaksanaan praktikum, observasi permasalahan praktikum, dan observasi penilaian LKS-praktikum/ LKPD-praktikum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggapan guru kelas VII di SMP se-Kecamatan Enggal pada aspek pelaksanaan praktikum, motivasi pelaksanaan praktikum dan evaluasi pembuatan laporan berkriteria sangat baik. Tanggapan siswa kelas VII di SMP se-Kecamatan Enggal pada aspek pelaksa-naan praktikum, motivasi praktikum dan pembuatan laporan berkriteria baik. Sementara itu, berdasarkan hasil observasi tahapan pelaksanaan praktikum dan hasil penilaian penyusunan LKS-praktikum/LKPD-praktikum oleh guru menun-jukkan kriteria baik. Namun dalam pelaksanaannya terdapat permasalahan prak-tikum yang dihadapi seperti waktu pelaksanaan praktikum yang kurang efektif, tidak adanya laboran di laboratorium, mikroskop yang kurang memadai di labora-torium untuk semua siswa, petunjuk praktikum menggunakan buku siswa dan praktikum menggunakan bahan berupa sel tumbuhan saja sedangkan sel hewan tidak dilakukan pengamatan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan praktikum pada materi organisasi kehidupan di SMP se-Kecamatan Enggal telah terlaksana dengan kriteria sangat baik walaupun terdapat permasalahan praktikum. Kata kunci: organisasi kehidupan, pelaksanaan praktikum, permasalahan praktikum

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 72206084 . Digilib
Date Deposited: 21 Jun 2017 06:15
Terakhir diubah: 21 Jun 2017 06:15
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27122

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir