TINDAK TUTUR ANAK KELAS B TK AISIYAH BUSTANUL ATHFAL GISTING BAWAH DAN PENGEMBANGANNYA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KEMAMPUAN BERBAHASA BERBASIS ANIMASI DI TAMAN KANAK-KANAK

DELVI , ISKANDAR (2017) TINDAK TUTUR ANAK KELAS B TK AISIYAH BUSTANUL ATHFAL GISTING BAWAH DAN PENGEMBANGANNYA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KEMAMPUAN BERBAHASA BERBASIS ANIMASI DI TAMAN KANAK-KANAK. Masters thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (52Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2278Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1346Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Permasalahan dalam penelitian ini berkaitan dengan tindak tutur anak dalam kegiatan pembelajaran di TK Aisiyah Bustanul Athfal Gisting Bawah Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tindak tutur anak kelas B TK Aisiyah Bustanul Athfal Gisting Bawah dalam kegiatan pembelajaran dan mengembangkan hasil penelitian yang ditemukan menjadi media pembelajaran kemampuan berbahasa berbasis animasi di taman kanak-kanak. Metode yang digunakan dalam rangka mencapai tujuan penelitian yaitu metode deskriptif kualitatif. Model pengembangan yang digunakan untuk mengembangkan hasil penelitian menjadi media pembelajaran menggunakan model DDD-E. Sumber data penelitian adalah tuturan anak-anak TK ABA berjumlah 25 anak. Sumber data untuk pengembangan media pembelajaran berbasis animasi adalah hasil penelitian berupa tindak tutur asertif, direktif, komisif, ekspresif dan deklaratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, teknik rekam dan catatan lapangan. Data yang terkumpul dianalisis model interaktif. Teknik analisis data yang digunakan dalam pengembangan media yaitu analisis deskriptif kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan tindak tutur asertif berdasarkan kelangsungan dan keliteralannya tergolong ke dalam tindak tutur langsung literal. Tindak tutur direktif berdasarkan kelangsungan dan keliteralannya dapat digolongkan ke dalam tindak tutur langsung literal dan tindak tutur tidak langsung literal. Tindak tutur ekspresif berdasarkan kelangsungan dan keliteralannya tergolong ke dalam tindak tutur langsung literal. Tindak tutur komisif berdasarkan kelangsungan dan keliteralannya tergolong ke dalam tindak tutur langsung literal. Tindak tutur ekspresif berdasarkan kelangsungan dan keliteralannya tergolong ke dalam tindak tutur langsung literal. Media pembelajaran kemampuan berbahasa berbasis animasi yang dikembangkan dari hasil penelitian dapat digunakan oleh guru dan siswa dalam pembelajaran di taman kanak-kanak. Kata kunci : tindak tutur, media pembelajaran, animasi. The problem this research relate to speech act of childreen in education activity at Kindergarten Aisiyah Bustanul Athfal Gisting Bawah Academic Year 2015/2016. The purpose the research to describe speech act the great B of Kindergarten Aisiyah Bustanul Athfal Gisting Bawah in education activity and improve the result of research that found to be education media to able using language based on animation in kindergarten. The methode that used to reach purpose of the research above is qualitatif description method. An then improvement model is to improve the result of research to be education media using DDD-E model. The source of research data is language of the twenty five student of Kindergarten Aisiyah Bustanul Athfal. The source of data above for improving education media based on animation is the result of research from speech act asertives, directives, commissives, expressives, and declaration. Technic to collecting dat that use in the research is observation technic, record technic, and the note at the field. The next, data that have been collected analyzed interactive model. A Technic analyzed data that used is improving media that are descriptive qualitatif and quntitatif data. The result of research showing assertives speech act based on direction and literalation include in direct literal of speech act. A directives speech act based on direction literalation include in direct an indirect literal. An expressive based on direction and literalation include in direct literal of speech act. An commissive from the direction and literalation include in direct literal. Education media language skill based on animation that improved from the result of research can be used by teachers and student in education at the kindergarten. Keywords : speech act, media of education, animation

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Pengguna Deposit: 24600867 . Digilib
Date Deposited: 01 Sep 2023 10:24
Terakhir diubah: 01 Sep 2023 10:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27130

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir