DAMPAK PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK USIA DINI (Studi di PAUD dan TK.Handayani Bandar Lampung)

M.HAFIZ AL-AYOUBY, 1116011046 (2017) DAMPAK PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK USIA DINI (Studi di PAUD dan TK.Handayani Bandar Lampung). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1842Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1560Kb) | Preview

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak penggunaan gadget pada anak usia dini di PAUD dan TK.Handayani Bandar Lampung. Tipe penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian inimenggunakan random sampling. Secara teoritis penelitian ini diharapkan dapat menambah khasanah ilmu pengetahuan sosial atau sosiologi, khususnya sosiologi keluarga. Serta menambah reverensi masyarakat dalam memahami permasalahan seputar anak dan orang tua. Secara Praktis, hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pembelajaran dan pengetahuan lebih dalam mengenai penggunaan gadget pada anak-anak dengan pengawasan orang tua dan juga menambah ilmu dan pengetahuan. Hasil penelitian yang diperoleh 1) Terlihat anak usia dini sering menggunakan gadget pada saat kegiatan tertentu. Sehingga anak usia dini merasa terlalu senang menggunakan gadget yang dapat menimbulkan dampak positif maupun negatif. 2) bagaimana bentuk penggunaan gadget (aplikasi, intensitas, dan durasi pemakaian gadget) pada anak usia dini. 3) Sebagian besar anak usia dini meggunakan gadget hanya untuk bermain game dan menonton film animasi yang seharusnya gadget dapat dipergunakan untuk media pembelajaran bagi anak usia dini. 4) pengawasan oleh orang tua dirasakan kurang, karena sebagian besar orang tua terkesan memberikan dan tidak terlalu khawatir dengan dapak yang akan ditimbulkan dari penggunaan gadget secara terus- menerus. Orang tua harus lebih berhati – hati dalam mengawasi dan memonitoring kegiatan anak dalam menggunakan gadget sehari-hari untuk meminimalisir sisi negatif yang ditimbulkan dari penggunaan gadget tersebut, dan seharusnya gadget digunakan dan dimanfaatkan untuk hal yang positif. Penggunaan gadget sebaiknya tidak diberikan pada anak dibawah usia 6 tahun, karena saat usia tersebut anak lebih baik diarahkan kedalam kegiatan yang memiliki aktivitas dilingkungan agar mudah untuk bersosialisasi. Kata Kunci : Dampak, Penggunaan Gadge, Anak Usia Dini. THE IMPACT OF THE USE OF THE GADGET ON EARLY CHILDHOOD (Studies in PAUD and Kindergarten Handayani Bandar Lampung) The purpose of this research is to know the impact of the use of the gadget on early childhood in PAUD and kindergarten Handayani Bandar Lampung. The type of research used in this research is qualitative research. The sampling technique used in this study using random sampling. Theoretical research is expected to add either the social sciences or sociology, especially the sociology of the family. As well as adding to the reverensi community in understanding the issues surrounding children and parents. Practically, the results of this research are expected to be learning materials and deeper knowledge about the use of gadget in children with parental controls and also add to the science and knowledge. The research results obtained 1) Early childhood is often seen using gadget at the moment of everyday activities. So most early childhood feeling too cool to use gadget that may give rise to positive or negative impact. 2) How to use gadget (applications, intensity, and duration of usage of gadget) in early childhood. 3) Most early childhood with gadget just to play games and watch animated films that would otherwise be used for learning media early childhood. 4) supervision by parents felt less, because most parents are impressed give and not worry too much with the impact will be incurred from the use of the gadget are continually. Parents should take heart – in the monitor and monitor children's activity in the use of everyday gadget to minimize the negative side inflicted from the use of the gadget, gadget and should be used and exploited for anything positive. The use of gadget should not given to children under the age of 6 years, since the time of the child's age is better directed into activities which have activities surroundings for easy socializing. Keywords: Impact, Use Of Gadged, Early Childhood.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Agama > BF Psychology
Hukum Pidana > Agama > BF Psychology

H Ilmu Sosial = Social Sciences > HM Sociology
Teknologi > Teknologi (General)
Teknologi > Teknologi (General)
Teknologi (General)
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Sosiologi
Depositing User: 76372475 . Digilib
Date Deposited: 22 Jun 2017 01:36
Last Modified: 22 Jun 2017 01:36
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27131

Actions (login required)

View Item View Item