KENDALA GURU DALAM PEMBELAJARAN IPS TERPADU DI SMP KECAMATAN LABUHAN RATU KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

FAHMI ASTATHI, 1313034034 (2017) KENDALA GURU DALAM PEMBELAJARAN IPS TERPADU DI SMP KECAMATAN LABUHAN RATU KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRACT (ABSTRAK).pdf

Download (156Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2516Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1361Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRACT The purpose of this research is to know information about the problem that learning on the Integrated social science to map's matrial. This research method is qualitative methods descriptive form of a case study. Totalied population in this study are 11 teachers and sampling purposive amounted to 2 teachers. Data are collected by using the interview, observation, and documentation. The data were analyzed using descriptive analysis. The results of this research showed problem found in this research both derived from geographic background and non-geographical education that is the teacher is less mastering the map material because the teacher's educational background is not derived from the education background of map's matrial, the delivery of material does not refer to the RPP and syllabus, teacher mindset to the material affect the material delivered, the teacher is less mastering the method of learning, the teacher is less use of instructional media, teachers are less precise in choosing evaluation techniques, teachers are not aware of the problem that arise within the learning process and after learning in the class. Keyword: problem, learning, integrated sosial science, map’s material ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang kendala yang ditemukan dalam pembelajaran IPS Terpadu pada materi peta. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif bentuk studi kasus. Populasi pada penelitian ini berjumlah 11 guru dan pengambilan sampel bentuk purposif dengan berjumlah 2 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskripsi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kendala yang ditemukan dalam penelitian ini baik yang berasal dari pendidikan geografi maupun non geografi yaitu guru kurang menguasai materi peta, penyampaian materi tidak merujuk pada RPP dan silabus, pola pikir guru terhadap materi mempengaruhi materi yang disampaikan, guru kurang menguasai metode pembelajaran, guru kurang memanfaatkan media pembelajaran, guru kurang tepat dalam memilih teknik evaluasi, guru tidak menyadari kendala yang muncul didalam diri saat proses pembelajaran berlangsung maupun setelah berlangsungnya pembelajaran di kelas. Kata Kunci: kendala, pembelajaran IPS Terpadu, materi peta.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
> LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS
Pengguna Deposit: 31160573 . Digilib
Date Deposited: 05 Jul 2017 03:34
Terakhir diubah: 05 Jul 2017 03:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27143

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir