PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE PEER LESSONS TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SD NEGERI 9 METRO BARAT

IRA MAYA SARI, 1313053076 (2017) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE PEER LESSONS TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SD NEGERI 9 METRO BARAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1748Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1523Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Permasalahan yang timbul dalam proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran PKn yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas IVB SD Negeri 9 Metro Barat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe peer lessons terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri 9 Metro Barat. Jenis penelitian yang digunakan penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Alat pengumpul data berupa soal pilihan jamak yang sebelumnya telah diujikan dan dianalisis dengan validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data berupa kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan, nilai ratarata posttest kelas eksperimen 75,48 sedangkan nilai rata-rata posttest kelas kontrol 67,95. Perbandingan nilai N-gain kelas eksperimen 0,43 termasuk dalam kriteria sedang, sedangkan nilai N-gain kelas kontrol 0,33 termasuk dalam kriteria sedang. Hasil uji hipotesis melalui Indipendent Sample t-test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,020, jika dibandingkan dengan ketetapan α = 0,05, maka nilai 0,020 < 0,05, artinya Ha diterima dan Ho ditolak dengan kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan strategi pembelajaran aktif tipe peer lessons terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci: hasil belajar, peer lessons, PKn.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 96509033 . Digilib
Date Deposited: 05 Jul 2017 07:09
Terakhir diubah: 05 Jul 2017 07:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27160

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir