IDENTIFIKASI SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) DAN UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) MATA PELAJARAN BIOLOGI BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI ANDERSON (Studi Deskriptif di SMA se-Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu Tahun Ajaran 2015/2016)

PEMBAYUN BINETHARA , 1213024050 (2017) IDENTIFIKASI SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) DAN UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) MATA PELAJARAN BIOLOGI BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI ANDERSON (Studi Deskriptif di SMA se-Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu Tahun Ajaran 2015/2016). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (689Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (550Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengetahui proporsi soal tes UTS dan UAS berdasarkan aspek kognitif taksonomi Bloom revisi Anderson, dan berdasarkan bentuk soal. Sampel dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Biologi di SMA se-Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu berjumlah 7 orang yang ditentukan berdasarkan teknik sampling jenuh. Data penelitian berupa soal tes UTS dan UAS mata pelajaran Biologi semester ganjil dan genap yang diperoleh dengan meminta perangkat soal tersebut kepada guru mata pelajaran Biologi. Soal tes diidentifikasi dengan menghitung persentase aspek kognitif C1-C6 dan dimensi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif, kemudian dikelompokkan menjadi sekolah negeri dan swasta untuk dilakukan uji beda dengan bantuan program SPSS 17. Selain itu, dihitung persentase bentuk soal (soal pilihan jamak dan esei). Hasilnya Sebaran aspek kognitif didominasi C1 (mengingat), C2 (memahami) dan C3 (mengaplikasi) saja serta sebaran dimensi pengetahuan yaitu faktual, konseptual dan prosedural. Sedangkan C4 (menganalisis), C5 (menilai) dan C6 (mencipta) serta dimensi pengetahuan metakognitif tidak ditemukan. Kemudian analisis perbedaan menggunakan uji-t atau uji-U, dimensi kognitif pada soal UTS yang memiliki perbedaan secara signifikan antara sekolah negeri dan swasta adalah pada dimensi kognitif C2 dengan p-value < 0.05. Sedangkan p-value dimensi kognitif C1 serta C3 > 0.05, sehingga tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Pada soal tes UAS, tidak terdapat perbedaan secara signifikan pada semua dimensi kognitif antara sekolah negeri dan swasta. Berdasarkan hasil yang diperoleh, disimpulkan bahwa soal tes masih belum bervariasi dan tidak terdapat perbedaan pada sekolah negeri dan swasta baik dalam dimensi kognitif Bloom revisi Anderson dkk atau berdasarkan bentuk soal. Kata Kunci: Aspek kognitif, Dimensi pengetahuan, Soal tes, Taksonomi Bloom Revisi Anderson

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: 9186896 . Digilib
Date Deposited: 11 Jul 2017 03:00
Last Modified: 11 Jul 2017 03:00
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27190

Actions (login required)

View Item View Item