HUBUNGAN ANTARA CARA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI SE-KECAMATAN METRO PUSAT KOTA METRO TAHUN AJARAN 2015/2016

DINA AFRIANI PUTRI, 1213024017 (2017) HUBUNGAN ANTARA CARA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI SE-KECAMATAN METRO PUSAT KOTA METRO TAHUN AJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (795Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (687Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) cara belajar IPA, (2) hubungan cara belajar dengan prestasi belajar IPA siswa, dan (3) faktor – faktor yang berhubungan dengan cara belajar IPA siswa kelas IX SMP Negeri Se-Kecamatan Metro Pusat. Penelitian yang dilakukan merupakan studi deskriptif korelatif dengan pendekatan kualitatif. Sampel pada penelitian terdiri dari siswa kelas IX SMP Negeri 10 sebanyak 3 kelas, SMP Negeri 03 sebanyak 4 kelas, dan SMP Negeri 01 sebanyak 5 kelas dengan total sampel sebanyak 318 siswa, dan menggunakan teknik cluster random sampling. Data dalam penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa deskripsi hubungan antara cara belajar dengan prestasi belajar dan deskripsi hubungan antara faktor yang mempengaruhi belajar dengan cara belajar. Data kuantitatif berupa skor hasil tes prestasi belajar. Data dianalisis dengan menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov, uji linieritas, dan uji korelasi dengan product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga cara belajar yang paling banyak digunakan siswa kelas IX SMP Negeri Se-Kecamatan Metro Pusat yaitu (1) membaca (54,40%), (2) mendengar (29,56%), serta (3) mengucap dan menulis (12,26%). Perbedaan cara belajar diikuti dengan perbedaan prestasi belajar. Siswa dengan cara belajar melakukan memiliki prestasi belajar tertinggi yaitu 70,67 sedangkan siswa dengan cara belajar membaca memiliki prestasi belajar paling rendah yaitu 45,04. Hasil korelasi menunjukkan adanya hubungan signifikan sangat yang tinggi (r hitung = 0,983 > r table = 0,110) antara cara belajar dengan prestasi belajar IPA serta hubungan signifikan yang cukup (r hitung = 0,783 > r table = 0,110) antara faktor belajar dengan cara belajar siswa. Faktor belajar yang berhubungan dengan cara belajar meliputi faktor minat, bakat, motivasi, pendekatan belajar, sumber belajar, fasilitas belajar, dan cara guru mengajar. Faktor belajar yang dominan berhubungan dengan cara belajar siswa adalah minat, bakat, dukungan keluarga, cara guru mengajar, dan sumber belajar. Kata kunci : cara belajar, faktor belajar, prestasi belajar

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: 96142366 . Digilib
Date Deposited: 11 Jul 2017 03:03
Last Modified: 11 Jul 2017 03:03
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27191

Actions (login required)

View Item View Item