PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INDEX CARD MATCH KELAS IV SDN 1 PEKALONGAN KECAMATAN PEKALONGAN LAMPUNG TIMUR

RENI AMALIA , 1013053075 (2016) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INDEX CARD MATCH KELAS IV SDN 1 PEKALONGAN KECAMATAN PEKALONGAN LAMPUNG TIMUR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1012Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (658Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Masalah yang terdapat dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Pekalongan yang diketahui dari hasil observasi yaitu hanya sebanyak 6 siswa atau 25% dari 24 siswa yang mencapai KKM yaitu 70 dengan kategori “sedang”. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Pekalongan melalui penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Index Card Match. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi dan tes tertulis. Data yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Index Card Match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Pekalongan. Hal ini dapat dilihat dari persentase aktivitas siswa pada siklus I mendapat 67,99% dengan kategori “cukup aktif” dan meningkat 8,86 sehingga pada siklus II mencapai 76,85% dengan kategori “aktif” dan meningkat 11,46 sehingga pada siklus III mencapai 88,28% dengan kategori “sangat aktif”. Persentase ketuntasan hasil belajar pada siklus I sejumlah 15 (62,5%) siswa telah mencapai KKM, meningkat menjadi 20 (83,33%) pada siklus II dan mencapai 21 (87,5%) siswa. Kata Kunci : aktivitas, hasil belajar, strategi Index Card Match

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 38267723 . Digilib
Date Deposited: 12 Jul 2017 04:16
Terakhir diubah: 12 Jul 2017 04:16
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27209

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir