PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 4 METRO BARAT

SRI WINDASARI , 1313053157 (2017) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 4 METRO BARAT. FAKUKLTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1492Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1492Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri 4 Metro Barat yang diketahui dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menerapkan model cooperative learning tipe talking stick. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan tahapan setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non-tes dan tes. Alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe talking stick dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 4 Metro Barat. Hal ini dapat dilihat dari kategori hasil belajar siswa siklus I dengan kategori “Belum Tuntas”, mengalami peningkatan pada siklus II dengan kategori “Tuntas”. Kata kunci: hasil belajar, IPS, talking stick

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: 7534664 . Digilib
Date Deposited: 12 Jul 2017 07:13
Last Modified: 12 Jul 2017 07:13
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27218

Actions (login required)

View Item View Item