AJENG SAFITRI, 1213024002 (2017) MISKONSEPSI MATERI SUBSTANSI GENETIKA PADA SISWA SMA SWASTA KELAS XII SE-KECAMATAN TANJUNGKARANG BARAT BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (796Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (888Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi yang terjadi pada siswa dan faktor yang mempengaruhinya. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Swasta Se-kecamatan Tanjungkarang Barat Bandar Lampung yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif sederhana. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes tertulis benar salah beralasan dengan Certainty Of Respons Index (CRI) dan angket. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif untuk miskonsepsi siswa dan faktor yang mempengaruhi miskonsepsi siswa dengan uji korelasi Pearson Product Moment. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat pemahaman konsep siswa kelas XII se-Kecamatan Tanjungkarang Barat terjadi miskonsepsi dengan rata-rata sebesar 28,13% dengan kriteria “sangat rendah” dan miskonsepsi paling tinggi terjadi pada konsep kromosom dengan rata-rata 38,33% dengan kriteria “rendah”. Siswa yang mengalami paham konsep memiliki rata-rata sebesar 32,00% dengan kriteria “rendah” dan paham konsep tertinggi terjadi pada konsep DNA yaitu dengan rata-rata 50,13% dengan kriteria “sedang”. Miskonsepsi yang terjadi pada siswa disebabkan karena motivasi siswa yang kurang dalam belajar konsep subsatnsi genetika. Hanya sebesar 40% siswa yang bertanya apabila terdapat penjelasan guru yang kurang dipahami mengenai konsep substansi genetika. Kata Kunci: miskonsepsi, Certainty Of Respons Index (CRI), substansi genetika
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 21333463 . Digilib |
Date Deposited: | 12 Jul 2017 08:46 |
Terakhir diubah: | 12 Jul 2017 08:46 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27221 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |