PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VI SD NEGERI BUMI DANA KECAMATAN WAY TUBA

Nurmalena, 1423053010 (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VI SD NEGERI BUMI DANA KECAMATAN WAY TUBA. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRACT (ABSTRAK).pdf

Download (14Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2051Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (942Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRACT The purpose of this research and development is to produce student worksheet and knowing the effective application of student worksheet based guided inquiry. The method used is a research & development (Research and Development). The instrument used was a test, observations, questionnaires, interviews and documentation. validation of student worksheet based guided inquiry carried out by the social studies material expert, sixth grade teacher, and peers. The population of this research is 2221 students in elementary schools in the District Way Tuba. The sample of this research is 46 students. Data collection tool used in the form of test. Data analysis using t-test and linear regression to see the effect of student worksheet based guided inquiry implementation on learning outcomes. The results showed that the development of student worksheet based guided inquiry that has been assessed valid by the validator is good and student worksheet based guided inquiry implementation is effectively guided in use in learning social studies classes VI SD. Keywords: Student Worksheet; Guided Inquiry; Social Studies Learning Outcomes. ABSTRAK Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan LKPD berbasis inkuiri terbimbing dan mengetahui efektivitas LKPD berbasis inkuiri terbimbing. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan. Instrumen yang digunakan adalah tes, observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Validasi LKPD berbasis inkuiri terbimbing dilakukan oleh ahli materi IPS SD, guru kelas VI, dan teman sejawat. Populasi penelitian adalah sebanyak 2221 orang peserta didik di SDN Kecamatan Way Tuba. Sampel penelitian adalah sebanyak 46 orang peserta didik. Alat pengumpul data yang digunakan berupa tes. Analisis data menggunakan Uji t dan regresi linier untuk melihat pengaruh penerapan LKPD terhadap hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan LKPD berbasis inkuiri terbimbing yang telah dinilai valid oleh validator tergolong baik dan penerapan LKPD pembelajaran IPS berbasis inkuiri terbimbing efektif digunakan dalam pembelajaran IPS kelas VI SD. Kata kunci: LKPD; Inkuiri Terbimbing; Hasil Belajar IPS.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Pengguna Deposit: 77140017 . Digilib
Date Deposited: 13 Jul 2017 02:09
Terakhir diubah: 13 Jul 2017 02:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27228

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir