PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PROBLEM POSING DAN TIPE PROBING PROMTING DENGAN MEMPERTIMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 2 KOTABUMI LAMPUNG UTARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

ADIL PRIANTO, 1313031002 (2017) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PROBLEM POSING DAN TIPE PROBING PROMTING DENGAN MEMPERTIMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 2 KOTABUMI LAMPUNG UTARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
1. ABSTRAK.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img] Text
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3181Kb)
[img]
Preview
Text
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2056Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PROBLEM POSING DAN TIPE PROBING PROMTING DENGAN MEMPERTIMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 2 KOTABUMI LAMPUNG UTARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Oleh ADIL PRIANTO Penelitian ini mengkaji tentang perbandingan hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model tipe Problem Posing dan tipe Probing Promting dengan mempertimbangkan kemampuan berpikir kritis mata pelajaran Ekonomi pada siswa kelas X IPS SMA Negeri 2 Kotabumi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Desain penelitian yang digunakan yaitu treatment by level. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 4 kelas dan sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yaitu X IPS 1 dan X IPS 4 yang ditentukan melalui cluster random sampling. Teknik pengumpulan data melalui tes. Pengujian hipotesis menggunakan analisis varians dua jalan dan t-test dua sampel independen. Hasil analisis data menunjukan 1) Ada perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran Problem Posing dan Probing Promting, 2) Hasil belajar yang model pembelajaran Problem Posing lebih tinggi dibandingkan Probing Promting pada berpikir kritis tinggi, 3) Hasil belajar yang model pembelajaran Probing Promting lebih tinggi dibandingkan Problem Posing pada berpikir kritis rendah dan, 4) Ada interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan berpikir kritis terhadap hasil belajar. Kata kunci: hasil belajar, kemampuan berpikir kritis, Probing Promting, Problem Posing.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: H Ilmu Sosial = Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Depositing User: 43488773 . Digilib
Date Deposited: 14 Jul 2017 06:18
Last Modified: 14 Jul 2017 06:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27237

Actions (login required)

View Item View Item