PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PROBLEM POSING DAN TIPE PROBING PROMTING DENGAN MEMPERTIMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 2 KOTABUMI LAMPUNG UTARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

ADIL PRIANTO, 1313031002 (2017) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PROBLEM POSING DAN TIPE PROBING PROMTING DENGAN MEMPERTIMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 2 KOTABUMI LAMPUNG UTARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img] FIle PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3181Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2056Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PROBLEM POSING DAN TIPE PROBING PROMTING DENGAN MEMPERTIMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 2 KOTABUMI LAMPUNG UTARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Oleh ADIL PRIANTO Penelitian ini mengkaji tentang perbandingan hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model tipe Problem Posing dan tipe Probing Promting dengan mempertimbangkan kemampuan berpikir kritis mata pelajaran Ekonomi pada siswa kelas X IPS SMA Negeri 2 Kotabumi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Desain penelitian yang digunakan yaitu treatment by level. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 4 kelas dan sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yaitu X IPS 1 dan X IPS 4 yang ditentukan melalui cluster random sampling. Teknik pengumpulan data melalui tes. Pengujian hipotesis menggunakan analisis varians dua jalan dan t-test dua sampel independen. Hasil analisis data menunjukan 1) Ada perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran Problem Posing dan Probing Promting, 2) Hasil belajar yang model pembelajaran Problem Posing lebih tinggi dibandingkan Probing Promting pada berpikir kritis tinggi, 3) Hasil belajar yang model pembelajaran Probing Promting lebih tinggi dibandingkan Problem Posing pada berpikir kritis rendah dan, 4) Ada interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan berpikir kritis terhadap hasil belajar. Kata kunci: hasil belajar, kemampuan berpikir kritis, Probing Promting, Problem Posing.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > HB Economic Theory
> L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: 43488773 . Digilib
Date Deposited: 14 Jul 2017 06:18
Terakhir diubah: 14 Jul 2017 06:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27237

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir