DESAIN DIDAKTIS MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN METODE SOCRATES UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SPASIAL DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA

Rini Kurniawati, 1423021052 (2017) DESAIN DIDAKTIS MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN METODE SOCRATES UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SPASIAL DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRACT (ABSTRAK).pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] Text
TESIS FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4Mb)
[img]
Preview
Text
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2456Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRACT This research was research and development, aimed to (1) develop didactical design of triangle and rectangular by contextual approach and Socrates method, (2) know students spatial abilities, and (3) know students mathematical disposition. This research adopted the steps of R n D Borg and Gall Method: (1) research and information collecting, (2) planning, (3) develop preliminary form of product, (4) Preliminary field testing, (5) main product revision, (6) main field testing, and (7) operational product revision. Research data obtained through produk development: didactical design, spatial ability test, and mathematical disposition observation. Subject of this research are students grade VII-M SMPN 5 Bandarlampung. The result of product development is didactical design of triangle and rectangular through contextual approach and Socrates method. The results of data processing shows that students spatial ability in a middle grade, about 66.92 and students mathematical disposition is high, about 71.11. Key words: Didactical Design, Contextual Approach, Socrates Method, Mathematic Spatial Ability, Mathematical Disposition ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) yang bertujuan untuk (1) mengembangkan desain didaktis pada materi segitiga dan segiempat dengan pendekatan kontekstual dan metode Socrates, (2) mengetahui kemampuan spasial matematis siswa, dan (3) mengetahui disposisi matematis siswa. Penelitian ini mengadopsi langkah penelitian dan pengembangan Borg and Gall, yaitu: (1) tahap pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan desain didaktis, (4) uji coba terbatas, (5) revisi hasil uji coba terbatas, (6) uji coba lapangan, dan (7) revisi hasil uji coba lapangan. Data penelitian diperoleh melalui pengembangan produk berupa desain didaktis, tes kemampuan spasial, dan observasi disposisi matematis. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-M SMPN 5 Bandarlampung. Hasil pengembangan produk berupa desain didaktis materi segitiga dan segiempat dengan pendekatan kontekstual dan metode Socrates. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa kemampuan spasial matematis siswa berada pada kategori sedang dengan rerata hasil tes sebesar 66.92 dan disposisi matematis siswa masuk kategori tinggi dengan rerata pencapaian hasil observasi sebesar 71.11. Kata kunci: Desain Didaktis, Pendekatan Kontekstual, Metode Socrates, Kemampuan Spasial Matematis, Disposisi Matematis

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Q Science (General) > QA Mathematics
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Matematika
Depositing User: 21228907 . Digilib
Date Deposited: 14 Jul 2017 07:25
Last Modified: 14 Jul 2017 07:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27241

Actions (login required)

View Item View Item