HUBUNGAN KEMANDIRIAN DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SDN 2 BANYUMAS PRINGSEWU

YULIUS KRISTIAN TRI ATMOKO, 1343053043 (2017) HUBUNGAN KEMANDIRIAN DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SDN 2 BANYUMAS PRINGSEWU. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1817Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1521Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar IPS dan rendahnya sikap kemandirian belajar siswa kelas V SDN 2 Banyumas Kabupaten Pringsewu. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan kemandirian belajar dengan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian korelasional. Variabel yang diteliti adalah kemandirian belajar (X) dan prestasi belajar IPS (Y). Populasi siswa kelas V SDN 2 Banyumas Kabupaten Pringsewu yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan yang digunakan adalah kuisioner dan dukomentasi. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan yang positif antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar IPS dengan nilai koefesien korelasi sebesar 0,445. Kata kunci : kemandirian , prestasi belajar IPS ABSTRACT This research is motivated by the low learning achievement of IPS and the low attitudes of self-reliance of students in grade V SDN 2 Banyumas, Pringsewu District. The purpose of the study to determine the relationship of learning independence with student achievement. This type of research uses correlational research. The variables studied were learning independence (X) and learning achievement IPS (Y). The population of grade V students of SDN 2 Banyumas of Pringsewu Regency amounted to 32 students. The collecting techniques used were questionnaires and documentations. Data analysis technique using product moment correlation. The results showed that there is a positive relationship between learning independence with learning achievement IPS with correlation coefficient value of 0.445. Keywords: independence, IPS learning achievement

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: 57439427 . Digilib
Date Deposited: 14 Jul 2017 06:15
Last Modified: 14 Jul 2017 06:15
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27242

Actions (login required)

View Item View Item