PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING KELAS IV SEKOLAH DASAR PADA TEMA 6 SUB TEMA 1 KEANEKARAGAMAN HEWAN DAN TUMBUHAN

TESIS DINA RIAWAN SUTOPO , 1423053032 (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING KELAS IV SEKOLAH DASAR PADA TEMA 6 SUB TEMA 1 KEANEKARAGAMAN HEWAN DAN TUMBUHAN. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img] Text
TESIS FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4Mb)
[img]
Preview
Text
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Penelitian dan pengembangan ini bertujuan menghasilkan produk bahan ajar berbasis CTL yang layak digunakan dalam pembelajaran dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan prosedur pengembangan Borg and Gall. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV SDN 2 Harapan Jaya sebanyak 156 siswa. Sampel dipilih dengan teknik sampel acak sederhana sebanyak 76 siswa dengan menggunakan kelas IVA sebagai kelas kontrol dan kelas IVB sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengetahui kelayakan adalah lembar penilaian bahan ajar oleh ahli materi, ahli media, praktisi, dan angket respon siswa kemudian dianalisis dengan rumus uji kelayakan. Instrumen tes digunakan untuk mengukur keefektifan hasil belajar dianalisis dengan rumus gain. Penelitian ini menghasilkan produk bahan ajar yang layak digunakan dalam pembelajaran dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar. Kata Kunci: bahan ajar, CTL, dan efektivitas ABSTRACT This research and development aims to produce teaching material CTL based which proper used on learning process and also efective on the increasing of learning achievement. The method of this research is research and development using Borg and Gall research prosedure. There are 156 students at the 4th grade in SDN 2 Harapan Jaya as research population. Sample of population are 76 students, choosen by using simple random sampling technique with grade 4th A as a control class and grade 4th B as experiment class. The instuments that are used to know the proper of teaching material on this research are assessment sheet of teaching material which is done by some experts in teaching material, teaching media, teaching learning process, and quesionaire students responses then analyzed by the feasibility test formula. Tests sheets instrument are used to measure the effectiveness of learning outcomes is analyzed by the gain formula. This research resulted a proper teaching material and efectively used in increasing students learning achievement. Key words: teaching material, CTL, and effectiveness

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Depositing User: 39979801 . Digilib
Date Deposited: 15 Jul 2017 02:34
Last Modified: 15 Jul 2017 02:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27243

Actions (login required)

View Item View Item