IDENTIFIKASI KESULITAN GURU IPA DALAM MERENCANAKAN DAN MELAKSANAKAN ASESMEN (Studi Deskriptif pada Guru IPA Kelas VIII SMP se-Kecamatan Langkapura Kotamadya Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017)

Kinasih Cahyono, 1313024046 (2017) IDENTIFIKASI KESULITAN GURU IPA DALAM MERENCANAKAN DAN MELAKSANAKAN ASESMEN (Studi Deskriptif pada Guru IPA Kelas VIII SMP se-Kecamatan Langkapura Kotamadya Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (872Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (755Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan Guru IPA SMP kelas VIII se-Kecamatan Langkapura Kotamadya Bandar Lampung tahun ajaran 2016/2017 dalam merencanakan dan melaksanakan asesmen. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh guru IPA yang mengajar kelas VIII di SMP se-Kecamatan Langkapura Kotamadya Bandar Lampung sebanyak 6 guru. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling non probability. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain deskriptif. Data pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis data berupa data primer yaitu dari hasil penyebaran angket dan informasi yang didapat dari wawancara tanggapan guru IPA SMP kelas VIII dan data sekunder yaitu dari data latar belakang pendidikan guru. Teknik pengambilan data menggunakan triangulasi instrumen yaitu angket, wawancara, dan latar belakang pendidikan guru. Data yang telah terkumpul dihitung dalam bentuk persentase dan dianalisis secara deskriptif dalam bentuk kriteria. Hasil penelitian menunjukkan kesulitan Guru IPA dalam merencanakan asesmen tergolong kriteria cukup mengalami kesulitan pada indikator menetapkan tujuan asesmen, menyusun instrumen, menyusun kisi-kisi soal, menulis soal berdasarkan kisi-kisi dan kaidah penulisan soal, menentukan kriteria mutu soal, serta menyusun pedoman penskoran. Kesulitan dalam melaksanakan asesmen pada indikator pelaksanaan asesmen ranah afektif, psikomotorik, dan kognitif. Dengan demikian kesulitan guru dalam merencanakan asesmen termasuk kriteria cukup dan melaksanakan asesmen termasuk dalam kriteria tinggi. Kata kunci: asesmen, kesulitan, melaksanakan asesmen, merencanakan asesmen

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 70410970 . Digilib
Date Deposited: 17 Jul 2017 03:13
Terakhir diubah: 17 Jul 2017 03:13
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27253

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir