NENY SHERLIANI, 1313023054 (2017) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN LKS BERBASIS PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGKLASIFIKASI PADA MATERI ASAM BASA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (42Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1448Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1446Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran menggu-na¬kan LKS berbasis problem solving dalam meningkatkan keterampilan mengkla-sifi¬kasi pada materi asam basa. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan cara purposive sampling dan diperoleh kelas XI IPA 4 dijadikan sebagai kelas eksperi¬men dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Metode pada peneliti-an ini adalah kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest-Posttest) Control Group Design. Kelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan LKS berbasis problem solving sedangkan pada kelas kontrol menggunakan LKS konvensional. Aspek keefektif¬an ditentukan dari rata-rata n-Gain siswa dalam mengklasifi¬kasi, yang didukung oleh aktivitas siswa selama proses pembelajaran, dan ke¬mampuan guru dalam mengelola pembelajaran sedangkan aspek kepraktisan ditentukan dari keterlaksana¬an pem¬be¬la¬jaran menggu¬nakan LKS berbasis problem solving dan respon siswa terhadap pembela¬jaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata n-Gain kelas kontrol dan kelas eksperimen berbeda secara signifik¬¬¬an, yaitu 0,6 dan 0,71. Hal ini didukung aktivitas siswa dan ke¬mam¬¬puan guru dalam mengelola pem¬be¬lajaran yang memiliki penilaian dengan kriteria sangat tinggi. Penilaian keprak¬tisan dalam keterlaksanaan pembelajaran dan respon siswa ter-hadap pelak¬sanaan pembelajaran menggunakan LKS berbasis problem solving memiliki kriteria sangat tinggi. Berdasarkan deskripsi di atas, dapat disimpulkan bah¬wa pembela¬jaran menggunakan LKS ber¬basis problem solving efektif dalam mening¬katkan keterampilan mengklasifikasi pada materi asam basa. Kata kunci: asam-basa, keterampilan mengklasifikasi, problem solving.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QD Chemistry |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | 52552591 . Digilib |
Date Deposited: | 17 Jul 2017 08:27 |
Terakhir diubah: | 17 Jul 2017 08:27 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27258 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |