EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN LKS BERBASIS PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGKLASIFIKASI PADA MATERI ASAM BASA

NENY SHERLIANI, 1313023054 (2017) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN LKS BERBASIS PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGKLASIFIKASI PADA MATERI ASAM BASA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (42Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1448Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1446Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran menggu-na¬kan LKS berbasis problem solving dalam meningkatkan keterampilan mengkla-sifi¬kasi pada materi asam basa. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan cara purposive sampling dan diperoleh kelas XI IPA 4 dijadikan sebagai kelas eksperi¬men dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Metode pada peneliti-an ini adalah kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest-Posttest) Control Group Design. Kelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan LKS berbasis problem solving sedangkan pada kelas kontrol menggunakan LKS konvensional. Aspek keefektif¬an ditentukan dari rata-rata n-Gain siswa dalam mengklasifi¬kasi, yang didukung oleh aktivitas siswa selama proses pembelajaran, dan ke¬mampuan guru dalam mengelola pembelajaran sedangkan aspek kepraktisan ditentukan dari keterlaksana¬an pem¬be¬la¬jaran menggu¬nakan LKS berbasis problem solving dan respon siswa terhadap pembela¬jaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata n-Gain kelas kontrol dan kelas eksperimen berbeda secara signifik¬¬¬an, yaitu 0,6 dan 0,71. Hal ini didukung aktivitas siswa dan ke¬mam¬¬puan guru dalam mengelola pem¬be¬lajaran yang memiliki penilaian dengan kriteria sangat tinggi. Penilaian keprak¬tisan dalam keterlaksanaan pembelajaran dan respon siswa ter-hadap pelak¬sanaan pembelajaran menggunakan LKS berbasis problem solving memiliki kriteria sangat tinggi. Berdasarkan deskripsi di atas, dapat disimpulkan bah¬wa pembela¬jaran menggunakan LKS ber¬basis problem solving efektif dalam mening¬katkan keterampilan mengklasifikasi pada materi asam basa. Kata kunci: asam-basa, keterampilan mengklasifikasi, problem solving.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: 52552591 . Digilib
Date Deposited: 17 Jul 2017 08:27
Last Modified: 17 Jul 2017 08:27
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27258

Actions (login required)

View Item View Item