PENGARUH PENERAPAN STARTEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE CROSSWORD PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SDN 3 METRO PUSAT

MADE MELSA HELMA HERA , 1313053091 (2017) PENGARUH PENERAPAN STARTEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE CROSSWORD PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SDN 3 METRO PUSAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FUL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1382Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1205Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PKn siswa di kelas IV SDN 3 Metro Pusat. Penelitian ini menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe crossword puzzle dengan tujuan melihat pengaruh yang signifikan pada penerapan strategi pembelajaran aktif tipe crossword puzzle terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN 3 Metro Pusat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksprimen dengan desain eksperimen Non-Equivalent Group Design. Data penelitian diperoleh dari pretest dan posttest, dengan instrumen yang digunakan angket untuk mengukur efektivitas pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif tipe crossword puzzle, dan soal pilihan jamak untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus uji t-test diperoleh nilai thitung > ttabel berarti Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif tipe crossword puzzle terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN 3 Metro Pusat. Kata kunci: crossword puzzle, hasil belajar, PKn.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: 71385206 . Digilib
Date Deposited: 17 Jul 2017 06:25
Last Modified: 17 Jul 2017 06:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27262

Actions (login required)

View Item View Item