PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 1 GANTIWARNO

ENI MUFIDA , 1313053050 (2017) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 1 GANTIWARNO. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (736Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (597Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar khususnya pada mata pelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model cooperative learning tipe make a match terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 1 Gantiwarno. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Gantiwarno. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 1 Gantiwarno. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Alat pengumpul data berupa soal pilihan jamak yang sebelumnya telah diujikan dan dianalisis dengan validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data berupa kuantitatif. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Independen Sampel t-test dengan bantuan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji hipotesis melalui Independen Sampel t-test diperoleh nilai sig (2-tailed) kurang dari taraf signifikansi sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, atau terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model cooperative learning tipe make a match terhadap hasil belajar IPS siswa. Kata kunci: hasil belajar, IPS, make a match

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: 84345800 . Digilib
Date Deposited: 17 Jul 2017 06:24
Last Modified: 17 Jul 2017 06:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27263

Actions (login required)

View Item View Item