PENGARUH PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IVSD NEGERI 1 KAMPUNG BARU KOTA BANDARLAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017

TIA RATNASARI, 1343053037 (2017) PENGARUH PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IVSD NEGERI 1 KAMPUNG BARU KOTA BANDARLAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2126Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1913Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode eksperimen terhadap hasil belajar IPA. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. dengan desain penelitian Posttest Only Control group Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi dan tes, dengan penjelasan bahwa tes untuk mengatahui hasil belajar IPA pada siswa dan observasi untuk mengetahui penggunaan metode eksperimen dalam proses pembelajaran. Data analisis dengan menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji independent sample t test. Hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode eksperimen terhadap hasil belajar IPA dan terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Kampung baru Tahun Ajaran 2016/2017. Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Eksperime, dan IPA ABSTRACT The problem of this research is the low outcomes learning IPA at students and teacher not yet implemented the experimental method in process of learning IPA in class IV SD Negeri 1 Kampung Baru. This research aims to know the influence of the use experimental method towards learning outcomes of IPA. The type of research used in this research is quantitative research with research design posttest only control design. Instrument that use are test and non- test, with explanation that test instrument is to know learning outcomes of IPA and non-test instrument is a observation sheet to know of the use experimental method in learning process. Data were analyzed using simple linear regression and independent sample t-test. The results of the analysis concluded that there is influence of the use experimental method towards learning outcomes of IPA and there are differences significant between the learning outcomes of experimental class and control class at students in class IV SD Negeri 1 kampung Baru academic year 2016/2017. Keyword: learning outcomes, Experimental Method, and IPA.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: 67683328 . Digilib
Date Deposited: 17 Jul 2017 08:27
Last Modified: 17 Jul 2017 08:27
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27270

Actions (login required)

View Item View Item