IMAJI DALAM KUMPULAN PUISI HUJAN BULAN JUNI KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA KELAS X

MARGARETA FINASEHATI, 1313041050 (2017) IMAJI DALAM KUMPULAN PUISI HUJAN BULAN JUNI KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA KELAS X. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1274Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (573Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan imaji dalam kumpulan puisi Hujan Bulan Juni dan implikasinya terhadap pembelajaran sastra di SMA kelas X. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian berjumlah 21 puisi yang termuat dalam kumpulan puisi Hujan Bulan Juni. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis teks. Hasil penelitian menunjukan bahwa imaji dalam puisi-puisi karya Sapardi Djoko Damono lengkap. Artinya, semua jenis imaji dalam puisi telah digunakan dalam puisi-puisi Sapardi Djoko Damono. Dari 21 puisi yang diteliti telah ditemukan 60 data yang menunjukan imaji yang terdiri atas 24 imaji visual, 13 imaji auditori, 4 imaji penciuman, 1 imaji rasaan/pencecapan, 4 imaji taktil, 6 imaji kinestetik, 2 imaji auditori + imaji visual, 5 imaji kinestetik + imaji visual, dan 1 kinestetik + imaji auditori. Selain itu, berdasarkan data imaji yang ditemukan diketahui juga bahwa data-data tersebut memiliki kemiripan sehingga ditemukan 6 kategori yakni kategori arah, pemandangan, jarak, tempo, keadaan, dan volume. Imaji dalam puisi-puisi karya Sapardi Djoko Damono dalam penelitian ini berimplikasi terhadap pembelajaran sastra di SMA. Pembelajaran yang berkaitan dengan imaji terdapat pada kelas X, KD 3.17 Menganalisis unsur pembangun puisi. Kata kunci: imaji, puisi, implikasi pembelajaran.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: 20000756 . Digilib
Date Deposited: 17 Jul 2017 08:29
Last Modified: 17 Jul 2017 08:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27275

Actions (login required)

View Item View Item