ANALISIS PELAKSANAAN PRAKTIKUM DAN PERMASALAHANNYA PADA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN DI SMP (Studi Deskriptif Pelaksanaan Praktikum se-Kecamatan Teluk Betung Utara Kotamadya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017)

MARISTANIA, 1313024052 (2017) ANALISIS PELAKSANAAN PRAKTIKUM DAN PERMASALAHANNYA PADA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN DI SMP (Studi Deskriptif Pelaksanaan Praktikum se-Kecamatan Teluk Betung Utara Kotamadya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (696Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (565Kb) | Preview

Abstrak

Penelitianini bertujuan menganalisis pelaksanaan praktikum dan permasalahannya pada materi organisasi kehidupan di SMP kelas VII se-Kecamatan Teluk Betung Utara Kotamadya Bandar Lampung. Desain penelitian eksploratori. Sampel dalam penelitian ini guru IPA kelas VII yang melaksanakan praktikum materi organisasi kehidupan yang berjumlah empat guru yang ditentukan secara purposive sampling. Teknik pengambilan data menggunakan angket, wawancara, dan observasi yang dianalisis dengan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan praktikum materi oganisasi kehidupan di kelas VII SMP se-Kacamatan Teluk Betung Utara Kotamadya Bandar Lampung pada tahun pelajaran 2016/2017 yang dilakukan oleh guru dan siswa berkriteria sangat baik, observasi tahapan pelaksanaan praktikum materi organisasi kehidupan yang dilakukan oleh guru dan siswa berkriteria baik, LKS-praktikum/LKPD-praktikum oleh guru berkriteria cukup baik. Permasalahan yang terdapat dalam pelaksanaan praktikum yaitu kebutuhan alat seperti mikroskop masih belum tercukupi, kegiatan praktikum yang masih kurang kondusif, persiapan sebelum melaksanakan praktikum masih kurang, serta penyusunan LKS-Praktikum/LKPD-Praktikum belum mengarahkan siswa untuk merumuskan hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan praktikum materi organisasi kehidupan se-Kecamatan Teluk Betung Utara berkriteria sangat baik walaupun terdapat permasalahan dalam pelaksanaan praktikum. Kata kunci : guru IPA, LKS-praktikum/LKPD-praktikum, organisasi kehidupan, pelaksanaan praktikum, permasalahan praktikum

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 33963670 . Digilib
Date Deposited: 18 Jul 2017 06:13
Terakhir diubah: 18 Jul 2017 06:13
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27280

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir